AS Beri Sinyal Dukung Intervensi Militer ECOWAS di Niger

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 23:05 WIB
loading...
AS Beri Sinyal Dukung Intervensi Militer ECOWAS di Niger
AS beri sinyal dukung intervensi militer ECOWAS di Niger. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengatakan mendukung upaya untuk memulihkan "tatanan konstitusional" Niger setelah pemberontakan militer bulan lalu. Itu diungkapkan setelah negara-negara di kawasan itu mengatakan mereka akan mengaktifkan pasukan untuk kemungkinan intervensi bersenjata.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada Kamis waktu setempat, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Washington mendukung Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) dalam menyerukan pemerintah militer Niger untuk mundur, menekankan perlunya stabilitas politik dan kohesi sosial.

“Kami mengulangi kecaman ECOWAS atas penahanan ilegal Presiden Mohamed Bazoum, keluarganya, dan anggota pemerintah, serta kondisi yang tidak dapat diterima di mana mereka ditahan, dan menyerukan pembebasan segera mereka,” tambah diplomat top AS itu, merujuk kepada kepala negara Niger yang digulingkan seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (11/8/2023).



Sementara Blinken menambahkan bahwa pejabat AS berharap ECOWAS akan mengeksplorasi semua opsi untuk penyelesaian krisis secara damai, komentarnya muncul hanya beberapa jam setelah blok Afrika Barat mengatakan akan mulai mengorganisir pasukan militer untuk mengembalikan Bazoum ke tampuk kekuasaan.

Pemimpin Niger itu digulingkan bulan lalu oleh komandan militer pemberontak, yang sejak itu menempatkannya dalam tahanan dan menguasai pemerintahan Niger.

“Tidak ada opsi yang diambil dari meja, termasuk penggunaan kekuatan sebagai upaya terakhir,” kata Presiden Nigeria Bola Tinubu sebelumnya, setelah menjadi tuan rumah pertemuan ECOWAS di Abuja.

“Saya berharap melalui upaya kolektif kita, kita dapat mewujudkan resolusi damai sebagai peta jalan untuk memulihkan stabilitas dan demokrasi di Niger. Semua belum hilang,” dia menambahkan.



Beberapa tetangga Niger menuntut pemulihan pemerintahan sebelumnya, dengan Presiden Pantai Gading Alassane Ouattara mengutuk penahanan Bazoum sebagai "aksi teroris." Para pejabat di Nigeria dan Senegal mengulangi komentar tersebut.

Pemerintah militer baru Niamey telah menentang tuntutan ECOWAS untuk membebaskan presiden yang digulingkan dan mundur, bersumpah untuk membela negara dari serangan asing. Beberapa negara Afrika, termasuk Mali dan Burkina Faso, telah bersekutu dengan junta Niger, memperingatkan mereka akan menarik diri dari blok tersebut dan mengadopsi langkah-langkah pertahanan diri untuk mendukung angkatan bersenjata dan rakyat Niger jika terjadi intervensi.

Meskipun tidak jelas kapan ECOWAS mungkin siap untuk meluncurkan operasi militer atau negara mana yang akan berpartisipasi, pejabat Barat mengatakan kepada Associated Press bahwa pemimpin kudeta Niger mengancam akan membunuh Bazoum jika blok tersebut mengirim pasukan, yang berpotensi meningkatkan taruhan untuk setiap upaya untuk menggunakan kekuatan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)