Maui Hawaii Luluh Lantak Diamuk Kebakaran Hutan, Korban Jiwa Capai 53 Jiwa

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 14:59 WIB
loading...
A A A
Di antara mereka adalah Vixay Phonxaylinkham, seorang turis dari Fresno, California, yang mengatakan dia terjebak di dalam mobil sewaan bersama istri dan anak-anaknya saat api mendekat, memaksa keluarga tersebut untuk meninggalkan mobil dan berlindung di air.

"Kami mengapung sekitar empat jam," kata Phonxaylinkham dari bandara sambil menunggu penerbangan dari pulau itu, menjelaskan bagaimana mereka berpegangan pada potongan kayu untuk mengapung.

"Itu adalah liburan yang berubah menjadi mimpi buruk. Saya mendengar ledakan di mana-mana, saya mendengar teriakan, dan beberapa orang tidak berhasil (melarikan diri). Saya merasa sangat sedih," akunya.

Lebih banyak orang menderita luka bakar, menghirup asap dan cedera lainnya.



"Di sekeliling saya sangat panas, saya merasa seperti baju saya akan terbakar," kata Nicoangelo Knickerbocker, seorang warga Lahaina berusia 21 tahun, dari salah satu dari empat tempat penampungan darurat yang dibuka di pulau itu.

Knickerbocker mendengar mobil dan pom bensin meledak, dan segera setelah itu melarikan diri dari kota bersama ayahnya, hanya membawa pakaian yang mereka kenakan dan anjing keluarga.

"Kedengarannya seperti sedang terjadi perang," katanya.

Nasib beberapa kekayaan budaya Lahaina masih belum jelas. Menurut seorang saksi Reuters, pohon beringin bersejarah setinggi 18 meter yang menandai tempat di mana istana abad ke-19 Raja Hawaii Kamehameha III berdiri masih berdiri, meskipun beberapa dahannya tampak hangus.

Distrik Maui mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kebakaran di Lahaina telah 80% terkendali, karena petugas pemadam kebakaran mengamankan batas area lahan liar yang terbakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)