Aparat Saudi Tangkap 244 Orang yang Coba Masuk Secara Ilegal ke Situs Suci

Rabu, 29 Juli 2020 - 19:18 WIB
loading...
Aparat Saudi Tangkap 244 Orang yang Coba Masuk Secara Ilegal ke Situs Suci
Seorang aparat Arab Saudi melakukan pemeriksaan izin masuk seseorang ke situs suci Islam. Foto/SPA
A A A
MAKKAH - Aparat keamanan haji Arab Saudi menangkap 244 orang yang mencoba memasuki tempat-tempat suci secara ilegal. Demikian dilaporkan Saudi Press Agency, seperti dikutip dari Arab News, Rabu (29/7/2020).

"Para petugas keamanan telah menciptakan penjagaan keamanan yang ketat di dalam dan sekitar situs-situs suci untuk menegakkan peraturan ini dan menangkap para pelanggar," jelas seorang juru bicara keamanan Saudi. Ia mengimbau orang-orang untuk menghindari memasuki tempat-tempat suci tanpa izin. (Baca: Tiba di Mina, Jamaah Mulai Laksanakan Ibadah Haji )

Sejak Juni lalu, Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah mengumumkan bahwa mereka sangat membatasi jumlah jamaah haji tahun ini . Kebijakan ini diambil untuk menjaga kesehatan masyarakat global dalam menghadapi ancaman Covid-19.

Sekitar 1.000 jamaah haji telah berkumpul di Lembah Mina, di luar Makkah pada Rabu untuk memulai perjalanan spiritual mereka. Jumlah jamaah ini sangat sedikit bila dibandingkan dengan hampir 2,5 juta jamaah yang menunaikan ibadah haji pada tahun 2019.

Dalam sebuah video yang diunggah media Arab Suadi, Al Ekhbariya pada Rabu (29/7/2020), terlihat para jamaah melakukan gerakan memutari Kakbah dengan teratur, dengan jarak antara jamaah kira-kira satu meter. (Lihat Foto-foto: Masjidil Haram Bersiap Sambut Jamaah Haji di Saat Pandemi )

Selain itu, terlihat para jamaah juga menggunakan masker dan payung, untuk menghindari sengatan matahari, sehingga daya tahan tubuh mereka tetap terjaga. Petugas haji, dalam video itu, terlihat terus memantau para jamaah yang melakukan tawaf.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)