6 Kota Terkenal yang Didirikan Alexander Agung, dari Mesir hingga Afghanistan

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 00:30 WIB
loading...
A A A
Alexander Agung mendirikan lebih banyak kota setelah menaklukkan wilayah yang sebelumnya merupakan bagian dari Persia. Salah satu kota ini adalah Alexandria Eschate, didirikan pada 329 SM.

Kota itu penting karena posisinya di Asia Tengah. Itu adalah kota paling utara Alexander di Asia Tengah. Banyak pemberontak Persia tinggal di daerah itu, dibuang sebelum Alexander mendirikan kota itu.

Begitu banyak orang Yunani dan Persia yang tinggal di pengasingan di daerah tersebut sebelum kedatangan Alexander sehingga Alexander memiliki populasi awal yang baik untuk membangun kotanya. Meskipun kota tersebut tidak ada saat ini, sisa-sisa kota tersebut berada di benteng di Khojand, Tajikistan.

4. Aleksandria Ariana

6 Kota Terkenal yang Didirikan Alexander Agung, dari Mesir hingga Afghanistan

Foto/World Atlas

Alexandria Ariana adalah salah satu kota paling awal yang didirikan oleh Alexander Agung. Dia mendirikan kota setelah Alexandria Eschate, pada 330 SM di provinsi Achaemenid, yang runtuh bersama Kekaisaran Achaemenid.

Alexander mendirikan kota itu selama invasinya ke Persia dan Asia Tengah. Nama Alexandria Ariana adalah bahasa Yunani dan secara kasar diterjemahkan menjadi Alexandria of the Arian.

Sejarawan memperkirakan bahwa kota tersebut berada di wilayah Herat, Afghanistan modern, tetapi tidak dapat menemukan tempat yang tepat karena tidak ada penggalian di zaman modern. Daerah tersebut akan menjadi kepentingan strategis dan ekonomi pada saat itu.

5. Alexandria di Kaukasus

6 Kota Terkenal yang Didirikan Alexander Agung, dari Mesir hingga Afghanistan

Foto/World Atlas

Kota lain yang didirikan oleh Alexander Agung tetapi bagian dari Afghanistan modern adalah Aleksandria di Kaukasus. Alexander Agung mendirikan kota ini pada tahun 329 SM, selama penaklukannya atas anak benua India.

Kota itu merupakan titik komunikasi yang penting, dengan fondasi di dasar pegunungan Hindu Kush. Untuk menghidupkan kota, Alexander mengisinya dengan 7.000 orang Makedonia, 3.000 tentara bayaran, dan ribuan orang dari budaya lain. Di kaki Hindu Kush, dia juga menugaskan pembangunan benteng untuk memperkuat kendalinya atas kota.

6. Alexandria Arachosia

6 Kota Terkenal yang Didirikan Alexander Agung, dari Mesir hingga Afghanistan

Foto/World Atlas

Mirip dengan Aleksandria Kaukasus, Aleksandria Arachosia, juga dikenal sebagai Aleksandropolis, adalah kota yang didirikan oleh Aleksander Agung yang merupakan bagian dari Afghanistan modern.

Alexander mendirikan Alexandria Arachosia pada tahun 330 SM, di atas fondasi benteng Achaemenid. Mendirikan kota merupakan langkah strategis bagi Alexander Agung. Alexandria Arachosia berada di tengah jalan sutra, jalur perdagangan penting antara Eropa dan Asia pada zaman kuno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)