Ukraina Bongkar Jaringan Agen Spionase Perempuan yang Bekerja untuk Rusia

Kamis, 10 Agustus 2023 - 00:46 WIB
loading...
Ukraina Bongkar Jaringan Agen Spionase Perempuan yang Bekerja untuk Rusia
Jaringan agen spionase perempuan yang bekerja untuk Rusia ditangkap Ukraina. Foto/Security Service of Ukraine
A A A
KYIV - Agen intelijen Ukraina membuka kedok mata-mata wanita yang membantu invasi Rusia dengan intelijen militer. Itu diungkap Dinas Keamanan Ukraina.

Jaringan agen spionase perempuan itu, yang berbasis di wilayah Donetsk Ukraina timur, menyampaikan informasi kepada FSB - agen mata-mata utama Rusia - dan Grup Wagner tentara bayaran pro-Rusia.

Badan Keamanan Ukraina, yang dikenal sebagai SBU, mengatakan bahwa Rusia merekrut para wanita sebelum invasi besar-besaran tahun lalu. SBU menambahkan bahwa mereka telah "siaga" sampai saat ini. Mereka belum teridentifikasi.

"Sementara tiga wanita tetap tinggal di kampung halaman mereka di Pokrovsk, sebuah kota di barat laut kota Donetsk, yang keempat pindah ke Rusia untuk mengoordinasikan kegiatan mereka dan masih buron," demikian keterangan SBU dilansir Insider.



Tiga wanita di Pokrovsk ditangkap saat mereka melakukan pengintaian, diam-diam mengambil foto fasilitas dan target Ukraina.

SBU mengklaim bahwa mereka telah menggunakan aplikasi obrolan yang aman untuk memberi tahu pihak Rusia tentang jumlah dan pergerakan pasukan dan kendaraan di wilayah tersebut. Mereka memberi perhatian khusus pada serangan helikopter, pesawat tempur, dan kendaraan lapis baja berat.

Badan intelijen Ukarina menerbitkan pesan teks yang mengaku telah dipertukarkan di antara para wanita, dengan sebagian besar detailnya dikaburkan.

Orang dalam tidak dapat memverifikasi klaim secara independen, dan tidak jelas apakah wanita tersebut telah mengakui atau menyangkal tuduhan tersebut, yang merupakan pengkhianatan tingkat tinggi. Mereka menghadapi hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah.



Dugaan pembukaan kedok itu terjadi sehari setelah SBU mengatakan telah mengungkap rencana untuk pembunuhan Presiden Volodymyr Zelenskyy.

Badan tersebut mengatakan telah menangkap seorang informan, seorang wanita, yang memberikan informasi penting tentang pergerakan pemimpin selama kunjungan ke wilayah Mykolaiv, di selatan Ukraina, untuk melancarkan serangan udara besar-besaran di sana.

Rencana yang diklaim digagalkan karena SBU memperoleh pengetahuan lanjutan dan melakukan langkah-langkah keamanan ekstra. Tidak jelas apakah wanita yang ditangkap adalah bagian dari jaringan mata-mata yang dituduhkan ini.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0939 seconds (0.1#10.140)