5 Kecanggihan Drone Laut yang Menjadi Pengubah Permainan pada Perang Ukraina-Rusia

Minggu, 06 Agustus 2023 - 23:33 WIB
loading...
5 Kecanggihan Drone Laut yang Menjadi Pengubah Permainan pada Perang Ukraina-Rusia
Perang Ukraina-Rusia sudah bergeser ke laut sehingga drone laut pun menjadi pengubah permainan. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Sebuah kapal tanker Rusia telah terkena serangan Ukraina di Laut Hitam. Sumber keamanan Ukraina mengatakan kepada BBC bahwa serangan itu dilakukan oleh drone laut.

Pada 4 Agustus, Rusia mengatakan telah menangkis serangan drone jenis ini di salah satu pangkalan angkatan lautnya di wilayah tersebut.

Itu menunjukkan perang Rusia-Ukraina tidak hanya fokus pada drone udara semata. Tapi, perang juga juga bergeser ke drone laut.

Sementara drone udara telah digunakan dengan sangat efektif selama konflik, bentuk baru teknologi lintas laut ini telah mendapatkan momentumnya - dan ini dapat mengubah masa depan peperangan laut.

Berikut adalah 5 kecanggihan drone laut yang mampu menjadi pengubah permainan pada perang Ukraina-Rusia.

1. Bisa Beroperasi di atas atau di bawah Permukaan Air

Melansir BBC, drone laut adalah kapal kecil tanpa awak. Tidak seperti drone udara, drone ini beroperasi di atas atau di bawah permukaan air.

Ada banyak istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan mereka, termasuk kapal drone, kapal drone, dan kapal permukaan tanpa awak (USV).

Drone laut datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan digunakan untuk berbagai tugas, termasuk pemantauan lingkungan.

Drone ini juga dapat digunakan untuk tujuan militer - seperti membersihkan ranjau, melakukan pengawasan, atau meledakkan target dekat seperti kapal musuh.

Beberapa drone laut telah difoto sejak awal perang, termasuk yang dilaporkan terdampar di pantai Crimea yang diduduki Rusia.

Selain drone yang beroperasi di permukaan air, Ukraina baru-baru ini meluncurkan prototipe drone bawah laut tak berawak yang disebut Toloka TLK-150.

2. Lebih Murah Dibandingkan Rudal Buatan AS

Fitur drone laut yang umum termasuk bahan peledak bawaan dan kamera yang memancarkan kembali gambar ke orang yang mengendalikannya.

Target jarak jauh biasanya sudah diprogram sebelumnya ke dalam drone saat diluncurkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)