alexa snippet

Hidup Sederhana, Duterte Ajak PM Jepang Sarapan Sup Kacang

Hidup Sederhana, Duterte Ajak PM Jepang Sarapan Sup Kacang
Presiden Filipina Rodrigo Duterte ajak Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe 'blusukan' ke kamar tidurnya di rumah yang sederhana, Jumat (13/1/2017). Foto/Facebook Christopher Bong Go
A+ A-
DAVAO - Strategi diplomatik unik dilakukan Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang menjadi tuan rumah kunjungan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Duterte ajak Abe ke rumahnya dengan gaya hidup sederhana dan disuguhi sarapan sup kacang.

Rumah yang digunakan Duterte untuk menyambut PM Abe itu adalah rumahnya di Kota Davao, di mana Duterte pernah menjabat sebagai wali kota selama dua dekade.

Rumah itu terdiri dari dua lantai. Duterte ajak Abe sarapan sup kacang dan kue dari bahan baku beras.

Duterte bahkan menunjukkan tempat tidur yang masih dia pakai, yang masih menggunakan kelambu lawas. Sembari berbincang, Duterte menunjukkan foto-foto keluarganya.

Abe mengunjungi Duterte pada hari Jumat (13/1/2017), sebelum berangkat ke Australia. Kunjungan PM Jepang ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara.

Ajudan Duterte, Christopher Bong Go berbagi foto pertemuan dua pemimpin itu di Facebook. ”Kami juga menunjukkan dia (PM Abe) bagaimana Presiden menikmati kenyamanan tempat tidurnya sendiri, termasuk kelambu tua favoritnya,” tulis Christopher, seperti dikutip Reuters.

Selama kunjungan dua hari ke Filipina, Abe mengatakan bahwa dia menyambut baik upaya Duterte dalam memperkuat hubungan dengan China setelah memenangkan putusan arbitrase atas klaim di Laut China Selatan.

Namun, Abe menekankan bahwa masalah Laut China Selatan terkait langsung dengan perdamaian dan stabilitas regional. “Dan kini menjadi perhatian bagi seluruh masyarakat internasional,” katanya.



(mas)
loading gif
Top