Jepang, Taiwan, Filipina Diguncang Gempa Besar 7,7 SR, Ada Peringatan Tsunami

Rabu, 03 April 2024 - 09:47 WIB
loading...
Jepang, Taiwan, Filipina Diguncang Gempa Besar 7,7 SR, Ada Peringatan Tsunami
Gedung roboh akibat gempa bumi di Taiwan. Foto/AP
A A A
TOKYO - Taiwan dilanda gempa bumi terbesar dalam seperempat abad terakhir, yang memicu peringatan tsunami bagi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu, serta Jepang dan Filipina.

Gempa bumi pada hari Rabu (3/4/2024) mengguncang bangunan dari fondasinya dan menyebabkan tanah longsor di bagian timur pulau tersebut. Setidaknya dua bangunan di timur kota Hualien ambruk.

Di ibu kota Taipei, kendaraan menepi di pinggir jalan dan layanan kereta bawah tanah sempat terhenti sementara, ubin bangunan tua terlempar dan perabotan roboh akibat kekuatan gempa.

Serangkaian gempa susulan terasa di ibu kota sekitar 15 menit kemudian dan berlanjut hingga satu jam berikutnya.

Pihak berwenang tidak segera melaporkan adanya korban jiwa.

Pihak berwenang Taiwan mengeluarkan peringatan tsunami di wilayah pesisir, menyerukan warga untuk “waspada”, dan mengatakan gempa susulan dapat berlanjut selama tiga hingga empat hari ke depan karena intensitas gempa.

Badan Meteorologi Jepang (JAM) menyatakan kekuatan gempa berkekuatan 7,7 skala Richter (SR), naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 7,5.

Wu Chien-fu, direktur Pusat Seismologi Taipei, mengatakan gempa tersebut adalah gempa terkuat yang melanda pulau itu sejak gempa tahun 1999 yang menewaskan 2.400 orang.

“Rasanya terasa di seluruh Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai,” ujar Wu kepada wartawan.

Sistem peringatan gempa Taiwan, yang biasanya memberikan peringatan beberapa menit sebelumnya, tidak aktif sebelum gempa terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0820 seconds (0.1#10.140)