Paus Fransiskus: Gereja Terbuka untuk LGBT, tapi....

Senin, 07 Agustus 2023 - 12:08 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan para pendeta di Gereja harus menemani semua orang, termasuk mereka yang tidak mematuhi aturan, dengan kesabaran dan kasih seorang ibu.

Gereja, sambung Paus Fransiskus, mengajarkan bahwa wanita tidak dapat menjadi imam karena Yesus hanya memilih pria sebagai "rasul"-nya.

Gereja tidak mengizinkan pernikahan sesama jenis atau bahkan pemberkatan bagi pasangan sesama jenis, tetapi Paus Francis mendukung undang-undang sipil yang memberikan hak kepada pasangan sesama jenis di bidang-bidang seperti pensiun, asuransi kesehatan, dan warisan.

Sejak awal kepausannya, Fransiskus telah berusaha membuat Gereja lebih ramah dan tidak terlalu mengutuk, termasuk kepada anggota komunitas LGBT, tetapi tanpa mengubah ajaran yang mendesak mereka yang memiliki ketertarikan sesama jenis untuk menjadi suci.

Selama satu acara selama perjalanan ke Portugal, dia memberi tahu orang banyak bahwa Gereja memiliki ruang untuk semua orang."Termasuk mereka yang membuat kesalahan, yang jatuh atau bergumul, dan memimpin orang banyak dalam nyanyian “Todos, todos, todos! (Semuanya, semuanya, semuanya!)," paparnya.

Di bagian lain dari konferensi pers, merujuk pada kaum muda, dia berkata: "Siapa di antara kita yang tidak membuat kesalahan moral pada suatu saat dalam hidup mereka?"

Paus Francis telah mendorong serangkaian reformasi sejak dia menjadi paus 10 tahun lalu, termasuk memberikan lebih banyak peran kepada perempuan, terutama di posisi tinggi Vatikan, tetapi menghadapi keseimbangan antara menarik bagi penganut yang lebih liberal dan mengecewakan kaum konservatif.

Di pesawat, dia berkata bahwa dia diremajakan oleh apa yang dia lihat di festival World Youth Day Catholic di Portugal, termasuk oleh sifat tertib kerumunan dan jumlah mereka.

Sekitar 1,5 juta orang menghadiri Misa penutupnya di sebuah taman tepi sungai di Ibu Kota Portugal pada hari Minggu. Banyak umat Kristen tidur di luar ruangan, setelah menghadiri acara berjaga di sana pada Sabtu malam, dan mereka berkumpul dalam panas terik.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)