Paus Fransiskus: Gereja Terbuka untuk LGBT, tapi....

Senin, 07 Agustus 2023 - 12:08 WIB
loading...
Paus Fransiskus: Gereja Terbuka untuk LGBT, tapi....
Paus Fransiskus sebut Gereja Katolik terbuka untuk semua orang, termasuk komunitas LGBT, tetapi dalam kerangka aturannya. Foto/REUTERS
A A A
ROMA - Paus Fransiskus mengatakan Gereja Katolik terbuka untuk semua orang, termasuk komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Menurutnya, Gereja Katolik memiliki kewajiban untuk menemani mereka di jalur spiritualitas pribadi tetapi dalam kerangka aturannya.

Komentar itu disampaikan Paus Fransiskus kepada wartawan di pesawat yang kembali ke Roma dari Portugal pada hari Minggu.

Dia juga mengatakan kesehatannya baik setelah menjalani operasi hernia pada bulan Juni. Dia mengatakan jahitannya telah dilepas tetapi harus memakai pita perut selama dua atau tiga bulan lagi sampai ototnya kuat.



Terbang pulang dari festival World Youth Day Catholic di Portugal, paus berusia 86 tahun itu muncul dalam kondisi yang baik ketika dia menjawab pertanyaan selama sekitar setengah jam pada konferensi pers pasca-perjalanan yang biasa dilakukannya sambil duduk di depan wartawan di bagian belakang pesawat.

Seorang reporter mengingatkannya bahwa selama perjalanan, dia mengatakan Gereja Katolik terbuka untuk "setiap orang, setiap orang, dan setiap orang” dan bertanya apakah wajar jika beberapa, seperti wanita dan kaum gay, tidak memiliki hak yang sama dan tidak dapat menerima beberapa sakramen.

Ini jelas merujuk pada wanita yang tidak diizinkan menjadi imam melalui sakramen tahbisan dan pasangan sesama jenis tidak diizinkan untuk menikah secara ritual, yang juga merupakan sakramen.

“Gereja terbuka untuk semua orang tapi ada hukum yang mengatur kehidupan di dalam Gereja,” kata Paus Fransiskus, seperti dikutip Reuters, Senin (7/8/2023).

“Menurut undang-undang, mereka tidak dapat mengambil bagian dalam (beberapa) sakramen. Ini tidak berarti bahwa itu ditutup. Setiap orang bertemu Tuhan dengan caranya sendiri di dalam Gereja,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)