10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Minggu, 06 Agustus 2023 - 18:02 WIB
loading...
10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga
TNI Angkatan Laut Indonesia memiliki kekuatan yang diperhitungkan di dunia pertahanan internasional. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut menjadi elemen utama dan pertama dalam pertahanan suatu negara. Negara yang memiliki Angkatan Laut terkuat dan terhebat di dunia, maka mereka akan disegani dan ditakuti oleh para musuhnya.

Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern atau The World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) memberi peringkat angkatan laut terkuat di dunia, yang mencakup 36 negara. Pemeringkatan tersebut melihat jumlah total kapal perang dan kapal selam, di samping faktor-faktor seperti usia armada, dukungan logistiknya, serta kemampuan serangan dan pertahanan.

WDMMW juga melihat keseimbangan masing-masing kekuatan: Berapa banyak jenis aset yang mereka miliki, dan apakah mereka memusatkan aset mereka di satu area. Itu termasuk sebagian besar kapal tetapi meninggalkan kapal yang lebih kecil, kapal survei, dan kapal seremonial sejarah.

Pemeringkatan tersebut membedakan antara beberapa kelas kapal perang — mencantumkan jenis korvet dan fregat yang relatif kecil serta kapal perusak dan kapal penjelajah yang lebih besar.

Setiap angkatan laut diberi "True Value Rating" atau "Peringkat Nilai Sejati" akhir untuk mengukur mereka terhadap satu sama lain.

Berikut adalah 10 Angkatan Laut terhebat dan terkuat di dunia versi The World Directory of Modern Military Warships (WDMMW).

1. Amerika Serikat

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

Angkatan Laut AS secara luas dianggap sebagai yang paling kuat di dunia yang pernah dikenal.

WDMMW memberinya Peringkat Nilai Sejati 323,9, skor tertingginya.

Dikatakan AS mendapat skor sangat tinggi karena "menampilkan campuran luas jenis kapal perang dan kapal selam serta keseimbangan yang diperkuat oleh jumlah keseluruhan (kuantitas) - maju dengan armada kapal induknya yang dibanggakan."

Melansir Insider, Angkatan Laut AS memiliki total 243 unit aktif pada November 2022. Itu terdiri dari 11 kapal induk, 68 kapal selam, 22 kapal penjelajah, 70 kapal perusak, 21 korvet, delapan kapal perang ranjau/penangkal ranjau, 10 kapal patroli lepas pantai, dan 33 kapal serbu amfibi.

Sayangnya, AS tidak memiliki fregat.

Dikatakan AS memiliki keseimbangan "baik" dalam jenis asetnya, dan usia rata-rata lambung kapal adalah 23,3 tahun.

AS memiliki lebih banyak unit yang dipesan, yaitu 67 unit, sebuah tanda bahwa AS "berusaha untuk mengimbangi saingan global China."


2. China

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

China, kekuatan Angkatan Laut yang meningkat, memiliki armada terbesar di peringkat WDMMW, dengan 425 unit aktif per Agustus 2023.

Angkatan Laut China memiliki tiga kapal induk, 72 kapal selam, 48 kapal perusak, 71 korvet, 44 fregat, 49 kapal penangkal ranjau/perang anti ranjau, 127 kapal patroli lepas pantai, dan 11 kapal serbu amfibi.

China tidak memiliki kapal penjelajah.

China memiliki usia lambung rata-rata yang jauh lebih muda daripada AS, yaitu 13,8 tahun, tetapi juga memiliki lebih sedikit aset yang dipesan, yaitu 14. Dikatakan Angkatan Laut China memiliki keseimbangan aset yang "baik".

WDMMW memberi True Value Rating bagi China sebanyak 318,9.

3. Rusia

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

Angkatan Laut Rusia, dengan 265 unit dalam aset inventaris aktifnya per Maret 2023, menduduki peringkat ketiga di dunia oleh WDMMW.

Namun dikatakan Rusia memiliki banyak unit yang menua, termasuk satu-satunya kapal induknya, Admiral Kuznetsov.

Banyak di antaranya 58 kapal selam, 12 kapal perusak, dan empat kapal penjelajah juga menunjukkan usia mereka.

Dikatakan usia rata-rata lambung Rusia adalah 30 tahun.

Rusia, katanya, memiliki satu fregat, 83 korvet, 28 kapal perang ranjau/penangkal ranjau, 27 kapal patroli lepas pantai, dan 21 kapal serbu amfibi.

WDMMW mengatakan "Divisi perang ranjau terutama menua instrumen era Perang Dingin Soviet seperti halnya sebagian besar pasukan penyerang/pendukung amfibi."

Disebutkan bahwa Rusia sedang mencoba memodernisasi angkatan lautnya, dengan sejumlah besar unit yang dipesan, sebanyak 82 unit, dan "komitmen nyata" untuk kapal perang korvet baru, kapal selam, dan kapal perang ranjau/penangkal ranjau.

WDMMW memberi Rusia True Value Rating 242,3 dan mengatakan Rusia memiliki keseimbangan kekuatan yang "baik".

Militer Rusia telah mengalami beberapa kerugian peralatan besar dalam invasinya ke Ukraina, tetapi angkatan lautnya tidak memainkan peran utama, menjaga sebagian besar armadanya tetap utuh.

Satu kerugian signifikan adalah Moskva, kapal andalannya di Laut Hitam, yang dihancurkan dalam serangan rudal Ukraina.


4. Indonesia

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

WDMMW memberi angkatan laut Indonesia True Value Rating 137,7, dengan 243 unit aktif per Juli 2023.

Indonesia memiliki empat kapal selam, tujuh fregat, 25 korvet, sembilan kapal perang ranjau/penangkal ranjau, 168 kapal patroli lepas pantai, dan 30 kapal serbu amfibi.

Indonesia tidak memiliki kapal induk, kapal penjelajah, atau kapal perusak.

Dikatakan armada Indonesia memiliki saldo aset "rata-rata".

Usia rata-rata lambung kapal Indonesia adalah 21,8.

5. Korea Selatan

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

WDMMW mengatakan angkatan laut Korea Selatan memiliki 138 unit aktif.

Dikatakan Angkatan Laut adalah "kekuatan tempur yang seimbang yang mencakup semua jenis unit angkatan laut yang diharapkan dari kapal induk sayap tetap khusus."

Kekuatannya "dibangun dengan mempertimbangkan pertahanan dan pencegahan", kemungkinan merujuk pada tetangganya yang agresif, Korea Utara.

Kekuatannya terdaftar sebagai 18 kapal selam, 12 kapal perusak, 12 fregat, 11 korvet, 11 kapal perang ranjau/penangkal ranjau, 64 kapal patroli lepas pantai, dan 1o kapal serbu amfibi, per Mei 2023.

Korea Selatan tidak memiliki kapal induk atau kapal penjelajah.

Seoul memiliki usia lambung rata-rata 22,4 tahun.

WDMMW memberi Korea Selatan dengan True Value Rating sebanyak 122,9.

6. Jepang

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

WDMMW memberi angkatan laut Jepang True Value Rating 121,3, dan mengatakan memiliki 102 unit aktif pada November 2022.

Jepang juga memiliki angkatan laut yang lebih modern daripada banyak negara peringkat teratas, dengan usia lambung rata-rata 14,8 tahun.

Jepang memiliki empat kapal induk helikopter, 22 kapal selam, 22 kapal perusak, tiga fregat, 22 kapal perang ranjau/penangkal ranjau, enam kapal patroli lepas pantai, dan tiga kapal serbu amfibi.

Jepang tidak memiliki kapal induk, tidak ada kapal penjelajah, dan tidak ada korvet.

WDMMW mengatakan Angkatan Laut Jepang memiliki keseimbangan "rata-rata".

7. india

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

WDMMW memberi angkatan laut India True Value Rating 99,1.

Dikatakan India memiliki 102 unit aktif pada Januari 2023, yang merupakan satu kapal induk, 17 kapal selam, 10 kapal perusak, 13 fregat, 23 korvet, 29 kapal patroli lepas pantai, dan sembilan kapal serbu amfibi.

India tidak memiliki kapal perang atau kapal penjelajah ranjau/penangkal ranjau dan usia rata-rata lambungnya adalah 20,1 tahun, kata WDMMW.

Dikatakan angkatan laut India memiliki keseimbangan "rata-rata".

8. Prancis

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

WDMMW mengatakan Prancis memiliki 65 unit aktif pada Januari 2023, dan memberinya Peringkat Nilai Sejati 92,9.

Prancis memiliki "kekuatan multi-peran modern yang mencakup kekuatan udara, kombatan permukaan, dan kapal bawah laut."

WDMMW berfokus pada upaya Prancis untuk memodernisasi angkatan lautnya, termasuk kekuatan kapal perusaknya yang terdiri dari 21 kapal.

Prancis juga saat ini memiliki satu kapal induk — Charles de Gaulle — serta sembilan kapal selam, 14 kapal patroli lepas pantai, dan tiga kapal serbu amfibi.

Dikatakan kapal perang ranjau/penangkal ranjau berkekuatan 17 kapal Prancis "cukup dipertimbangkan mengingat garis pantai Prancis di sepanjang perairan Eropa."

Prancis tidak memiliki fregat, kapal penjelajah, atau korvet dan usia lambung rata-ratanya adalah 23 tahun.

WDMMW mengatakan Prancis memiliki keseimbangan kekuatan "rata-rata".

9. Inggris

WDMMW memberi angkatan laut Inggris Peringkat Nilai Sejati 88,3.

WDMMW menyatakan Angkatan Laut Inggris “mengutamakan kapal perang multi-misi dengan hampir seperempat dari pasukannya didedikasikan untuk fregat diikuti dengan fokus pada perang ranjau dan kemudian kapal selam."

Inggris memiliki dua kapal induk, 10 kapal selam, enam kapal perang perusak, 12 kapal perang fregat, 11 kapal perang ranjau/penangkal ranjau, enam kapal patroli lepas pantai, dan dua kapal serbu amfibi.

Inggris tidak memiliki kapal perang korvet atau kapal perang penjelajah.

WDMMW mengatakan Inggris memiliki total 51 unit dalam inventaris angkatan laut aktifnya pada November 2022, dan keseimbangan kekuatannya "rata-rata". Ia hanya memiliki tiga kapal lagi yang dipesan, jauh lebih sedikit daripada kebanyakan angkatan laut top dunia.

Usia lambung rata-rata Inggris adalah 17,7 tahun, lebih muda dari banyak angkatan laut paling kuat di dunia.

10. Turki

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

Turki memiliki 90 unit aktif pada April 2023, kata WDMMW, yang merupakan satu kapal induk helikopter, 12 kapal selam, 16 fregat, 10 korvet, 11 kapal perang ranjau/penangkal ranjau, 35 kapal patroli lepas pantai, dan lima kapal amfibi.

Turki, anggota NATO, tidak memiliki kapal perusak atau kapal penjelajah.

Turki mengendalikan chokepoint maritim yang vital: penyeberangan antara Mediterania dan Laut Hitam.

Usia lambung rata-ratanya adalah 18,8 tahun, dan keseimbangan kekuatannya "rata-rata"..

Turki mendapat Peringkat Nilai Sejati 80,5.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)