Keamanan Terancam, Arab Saudi Desak Warganya Segera Tinggalkan Lebanon

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 23:01 WIB
loading...
Keamanan Terancam, Arab Saudi Desak Warganya Segera Tinggalkan Lebanon
Asap mengepul setelah bentrokan antara dua kelompok di kamp pengungsi Palestina Ain al-Helwa di Sidon, Lebanon, pada 30 Juli 2023. Foto/Houssam Shbaro/Anadolu Agency
A A A
RIYADH - Arab Saudi meminta warganya segera meninggalkan wilayah Lebanon dan menghindari mendekati daerah-daerah di mana terjadi bentrokan bersenjata.

Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi di Lebanon mengeluarkan pernyataan itu dalam posting pada Jumat malam (4/8/2023) di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dilansir Reuters.

Kerajaan Saudi tidak merinci daerah mana di Lebanon yang disarankan untuk dihindari warganya.

“Kedubes Saudi menekankan pentingnya mematuhi larangan perjalanan Saudi ke Lebanon," ungkap pernyataan itu.

Kuwait juga mengeluarkan peringatan pada Sabtu pagi yang meminta warga Kuwait di Lebanon untuk tetap waspada dan menghindari "area gangguan keamanan" tetapi berhenti meminta mereka untuk meninggalkan negara itu, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Kuwait yang diposting di X.

Pada 1 Agustus, Inggris juga memperbarui saran perjalanannya untuk Lebanon, menyarankan tidak melakukan "semua kecuali perjalanan penting" ke bagian selatan Lebanon dekat kamp Palestina di Ain el-Hilweh.



Sekitar 13 orang, kebanyakan dari mereka pejuang, tewas dalam pertempuran yang pecah di kamp tersebut pada 29 Juli antara faksi utama Fatah dan kelompok garis keras, menurut sumber keamanan di kamp tersebut.

Ain el-Hilweh adalah yang terbesar dari 12 kamp Palestina di Lebanon, menampung sekitar 80.000 hingga 250.000 pengungsi Palestina di seluruh negeri, menurut badan PBB untuk pengungsi dari Palestina.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)