10 Gua Bawah Tanah Terkenal di Dunia, Nomor 6 Kerap Dikaitkan dengan Dunia Jin

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 10:23 WIB
loading...
A A A
Hingga penemuan sungai bawah tanah di Semenanjung Yucatan Meksiko pada tahun 2007, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa terkenal sebagai sungai bawah tanah terpanjang di dunia dan masih merupakan sungai bawah tanah terpanjang yang dapat dilayari.

Sungai bawah tanah sepanjang 8,2 kilometer (yang berkelok-kelok melalui gua yang spektakuler sebelum bermuara ke Laut China Selatan.

5. Gua Waitomo

Gua Waitomo merupakan salah satu daya tarik wisata utama Selandia Baru, terletak tepat di luar kota utama Waitomo. Gua bawah tanah adalah rumah bagi cacing pendar Waitomo yang terkenal, makhluk kecil yang memancarkan cahaya bercahaya. Glowworms ini ditemukan secara eksklusif di Selandia Baru dan seukuran rata-rata nyamuk.

Terbentuk lebih dari 30 juta tahun yang lalu, Gua Waitomo Glowworm memiliki dekorasi gua yang megah dan berornamen, poros batu kapur dalam yang dikenal sebagai Tomo, dan gua Katedral yang sama megahnya yang terkenal dengan akustiknya yang luar biasa.


6. Gua Majlis al Jinn

10 Gua Bawah Tanah Terkenal di Dunia, Nomor 6 Kerap Dikaitkan dengan Dunia Jin

Foto/Flickr/touropia

Majlis al Jinn adalah salah satu gua bawah tanah terbesar di dunia yang terletak di daerah terpencil Dataran Tinggi Selma di Oman. Majlis al Jinn adalah ruang gua tunggal berukuran sekitar 310 meter kali 225 meter dengan langit-langit berkubah setinggi 120 meter.

Bagian terdalam gua adalah 178 meter di bawah puncak. Untuk menempatkan ukuran dalam perspektif: 12 pesawat jumbo Boeing 747 akan muat di dalam ruang gua. Gua ini hanya untuk pendaki berpengalaman meski ada beberapa rencana untuk mengembangkan Majlis al Jinn menjadi gua wisata yang lebih mudah diakses.

7. Gua Skocjan

Sistem gua Skocjan mencakup aula gua tertinggi di Eropa, ngarai bawah tanah yang besar, air terjun, dan jembatan di atas ngarai yang terlihat seperti sesuatu dari The Lord of the Rings.

Gua-gua tersebut memiliki struktur stalaktit dan stalagmit yang indah. Gua Ĺ kocjan adalah ciptaan dari Sungai Reka yang tenggelam. Sungai tetap berada di permukaan untuk bagian pertama tetapi tiba-tiba menghilang di bawah tanah, di mana ia melanjutkan perjalanannya melalui gua. Air muncul kembali ke permukaan setelah mengalir di bawah tanah sejauh 34 km tidak jauh dari pantai Adriatik.

8. Gua Carlsbad

10 Gua Bawah Tanah Terkenal di Dunia, Nomor 6 Kerap Dikaitkan dengan Dunia Jin

Foto/Flickr/touropia

Carlsbad Caverns merupakan Taman Nasional yang terletak di dekat Carlsbad, New Mexico. Carlsbad Caverns termasuk Big Room, ruang gua batu kapur alami yang berukuran 1.219 x 190 meter dan tinggi 107 meter di titik tertinggi.

Itu adalah ruang gua terbesar ketujuh di dunia. Gua-gua dihiasi dengan stalaktit, stalagmit, dan berbagai formasi lain yang luar biasa yang dapat dilihat dari beberapa jalur yang mudah diakses.

9. Gua Jeita

Gua Jeita terdiri dari dua gua batu kapur karst yang terpisah namun saling berhubungan: gua atas dan gua bawah. Galeri atas menyimpan stalaktit terbesar di dunia – endapan mineral yang menggantung dari langit-langit gua batu kapur.

Galeri bawah yang memiliki panjang keseluruhan 6.200 meter (20.300 kaki) terletak 60 meter (200 kaki) di bawah galeri atas. Itu dilalui oleh sungai bawah air yang halus dan danau.

10. Gua Mulu

10 Gua Bawah Tanah Terkenal di Dunia, Nomor 6 Kerap Dikaitkan dengan Dunia Jin

Foto/Flickr/touropia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0917 seconds (0.1#10.140)