10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 06:22 WIB
loading...
A A A
Salah satu prinsip perang adalah untuk mencapai tujuan seseorang dengan upaya ekonomi, sehingga pasukan cadangan dipertahankan untuk menghadapi hal yang tidak terduga, memperkuat bagian depan yang terancam atau menekan ke rumah untuk memastikan tindakan yang berhasil.

Di Austerlitz pada tahun 1805, Napoleon memilih penempatan yang akan menggoda pasukan Austro-Rusia lawan untuk menyerangnya di sebelah kanannya. Dengan melakukan itu, dia tahu dia akan mampu melampaui musuh-musuhnya.

Meski berada di bawah tekanan yang signifikan, Napoleon menahan cadangannya sampai dia benar-benar yakin bahwa sekutu telah berkomitmen, lalu dia menyerang.

Pasukannya menghancurkan pusat sekutu, mengalahkan serangan balik dan kemudian meringkuk di sekitar kiri sekutu yang terisolasi. Itu adalah kemenangan yang menentukan, dimenangkan dengan komitmen sumber daya yang tepat pada saat kritis.

4. TINDAKAN KEJUTAN: ARSUF (1191)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Wikipedia

Seringkali, pada saat kritis dalam pertempuran, aksi kejut dari muatan atau peningkatan singkat dalam intensitas tembakan sudah cukup untuk menghancurkan pasukan musuh.

Serangan mendadak sering kali dilakukan oleh pasukan 'berat' - infanteri, kavaleri, atau tank - yang dirancang khusus untuk menerobos garis musuh. Dampak dari tuduhan itu - memang, kadang-kadang menjadi tontonan - dapat terbukti terlalu banyak bagi pasukan di pihak penerima.

Inilah yang terjadi pada Pertempuran Arsuf selama Perang Salib Ketiga (1189-92). Orang Eropa di bawah Richard the Lionheart telah berbaris di bawah hujan panah selama berjam-jam, ketika para pemanah Saracen mencoba berulang kali untuk mendorong mereka keluar dari formasi ketat mereka.

Kemudian, tiba-tiba, para ksatria menyerang infanteri dan kavaleri ringan Saladin. Efeknya dramatis - orang-orang Saracen pecah dan melarikan diri, atau dihancurkan oleh serangan yang berat.

5. KONSENTRASI: FORMASI JAGDGESCHWADER (1917)

Ahli strategi Jerman Clausewitz menganggap konsentrasi kekuatan sebagai prinsip perang tertinggi. Ini membutuhkan akumulasi sumber daya pada titik dan momen yang tepat di mana pertempuran akan diputuskan.

Dalam Perang Dunia I, strategi Jerman menggunakan skuadron udara untuk bertahan pada tahun 1917 memungkinkan mereka untuk mengatur cadangan mereka, menyerang hanya di tempat yang mereka butuhkan, memprioritaskan sumber daya mereka dan menyelamatkan nyawa dan pengalaman pilot mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)