10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 06:22 WIB
loading...
10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan
Taktik perang Panipat menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah. Foto/Wikipedia
A A A
WASHINGTON - "Pelajari berulang kali taktik perang Alexander, Hannibal, Caesar, Gustavus Adolphus, Turenne, Eugene, dan Frederick," ungkap panglima perang Prancis Napoleon Bonaparte.

"Model diri Anda pada mereka. Ini adalah satu-satunya cara untuk menjadi kapten yang hebat, dan memperoleh rahasia seni perang. Kejeniusan Anda sendiri akan tercerahkan dan ditingkatkan dengan studi ini, dan Anda akan belajar untuk menolak semua pepatah yang asing bagi prinsip-prinsip para komandan besar ini," demikian nasihat Napoleon yang menjadi dogma bagi panglima perang di seluruh dunia.

Nasihat Napoleon menggarisbawahi sifat berulang dari taktik militer tertentu sepanjang sejarah. Itu dijelaskan sebuah buku yang ditulis pengamat militer Rob Johnson mengungkapkan 25 teknik operasional terpenting yang muncul secara konsisten dari zaman kuno hingga sekarang.

Berikut adalah 10 taktik perang terhebat dalam sejarah manusia.

1. SERANGAN KEJUTAN: HUTAN TEUTOBURG (9 Masehi)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Ist

Dilansir Daily Mail, pada 9 Masehi, Varus, gubernur Romawi di Germania, dibujuk untuk disergap oleh Arminius, seorang Jerman yang diromanisasi dan perwira unit kavaleri tambahan. Varus memimpin tiga legiun melalui Hutan Teutoburg untuk menekan pemberontakan Jerman, dan ketika 20.000 orangnya dirangkai di sepanjang garis pawai, Arminius menyerang dengan kekuatan penuh pasukan prajuritnya. Bangsa Romawi berjuang selama berhari-hari sampai mereka yang selamat membuat pertahanan terakhir di Kalkriese Hill, di utara OsnabrĂĽck saat ini.

Kekalahan Romawi bukan hanya secara fisik; itu juga psikologis. Penyergapan menuntut kesabaran dan penempatan yang hati-hati, dengan koordinasi yang tepat dari setiap lengan serang.

Suku-suku Jermanik, yang sering dianggap sebagai orang barbar yang liar, berhasil karena disiplin diri mereka dalam menunggu saat yang tepat untuk melancarkan serangan, tetapi pada akhirnya strategi mereka adalah contoh agresi yang efektif dan tersalurkan.

2. PENGEMBANGAN: OPERASI URANUS (1942)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Ist

Kemunculan tak terduga dari pasukan musuh di sayap atau dari belakang dapat merusak moral tentara, dan jika sebuah pasukan dikepung, pasokan dapat dikurangi atau diserang dari sisi mana pun.

Pada akhirnya, jika benar-benar terputus, ia harus memotong jalan keluarnya, menyerah atau berjuang sampai mati. Penyelubungan adalah contoh klasik manuver peperangan dan telah menghasilkan beberapa kemenangan paling menentukan dalam sejarah. Taktik tersebut digunakan di Stalingrad dalam Operasi Uranus, dimulai pada 19 November 1942.

Dengan Jerman ditembaki dan tidak dapat bermanuver, Soviet mengirimkan pengeboman artileri berat dari 3.500 senjata ke posisi Rumania dan Italia di kedua sisi kota, lalu melepaskan beberapa formasi lapis baja, termasuk tiga korps tank.

Mereka menggabungkan mobilitas dan kecepatan dengan daya tembak yang menghancurkan, melaju jauh di belakang garis Jerman untuk memotong dan kemudian mengalahkan seluruh tentara Jerman di Stalingrad.

3. MENGIKUTI CADANGAN: AUSTERLITZ (1805)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Wikipedia

Salah satu prinsip perang adalah untuk mencapai tujuan seseorang dengan upaya ekonomi, sehingga pasukan cadangan dipertahankan untuk menghadapi hal yang tidak terduga, memperkuat bagian depan yang terancam atau menekan ke rumah untuk memastikan tindakan yang berhasil.

Di Austerlitz pada tahun 1805, Napoleon memilih penempatan yang akan menggoda pasukan Austro-Rusia lawan untuk menyerangnya di sebelah kanannya. Dengan melakukan itu, dia tahu dia akan mampu melampaui musuh-musuhnya.

Meski berada di bawah tekanan yang signifikan, Napoleon menahan cadangannya sampai dia benar-benar yakin bahwa sekutu telah berkomitmen, lalu dia menyerang.

Pasukannya menghancurkan pusat sekutu, mengalahkan serangan balik dan kemudian meringkuk di sekitar kiri sekutu yang terisolasi. Itu adalah kemenangan yang menentukan, dimenangkan dengan komitmen sumber daya yang tepat pada saat kritis.

4. TINDAKAN KEJUTAN: ARSUF (1191)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Wikipedia

Seringkali, pada saat kritis dalam pertempuran, aksi kejut dari muatan atau peningkatan singkat dalam intensitas tembakan sudah cukup untuk menghancurkan pasukan musuh.

Serangan mendadak sering kali dilakukan oleh pasukan 'berat' - infanteri, kavaleri, atau tank - yang dirancang khusus untuk menerobos garis musuh. Dampak dari tuduhan itu - memang, kadang-kadang menjadi tontonan - dapat terbukti terlalu banyak bagi pasukan di pihak penerima.

Inilah yang terjadi pada Pertempuran Arsuf selama Perang Salib Ketiga (1189-92). Orang Eropa di bawah Richard the Lionheart telah berbaris di bawah hujan panah selama berjam-jam, ketika para pemanah Saracen mencoba berulang kali untuk mendorong mereka keluar dari formasi ketat mereka.

Kemudian, tiba-tiba, para ksatria menyerang infanteri dan kavaleri ringan Saladin. Efeknya dramatis - orang-orang Saracen pecah dan melarikan diri, atau dihancurkan oleh serangan yang berat.

5. KONSENTRASI: FORMASI JAGDGESCHWADER (1917)

Ahli strategi Jerman Clausewitz menganggap konsentrasi kekuatan sebagai prinsip perang tertinggi. Ini membutuhkan akumulasi sumber daya pada titik dan momen yang tepat di mana pertempuran akan diputuskan.

Dalam Perang Dunia I, strategi Jerman menggunakan skuadron udara untuk bertahan pada tahun 1917 memungkinkan mereka untuk mengatur cadangan mereka, menyerang hanya di tempat yang mereka butuhkan, memprioritaskan sumber daya mereka dan menyelamatkan nyawa dan pengalaman pilot mereka.

Formasi Jagdgeschwader (Sirkus Terbang) disusun untuk melawan serangan mendadak Sekutu di titik-titik strategis di garis depan. Ini terbukti efektif dan membangun reputasi sukses yang dicontohkan oleh Von Richthofen, Red Baron.

6. PENYIMPANGAN: TRAFALGAR (1805)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Wikipedia

Seringkali efektif untuk menyematkan musuh ke posisi di mana daya tembak atau manuver dapat menghancurkannya, atau di mana musuh sangat terganggu oleh probe yang tidak seimbang sehingga dia tidak tahu di mana serangan utama akan jatuh.

Napoleon memerintahkan Wakil Laksamana Villeneuve untuk memusatkan semua pasukan angkatan laut Prancis dan Spanyol untuk menghancurkan Angkatan Laut Kerajaan dan dengan demikian membuka jalan bagi invasi ke Inggris.

Tapi Laksamana Muda Horatio Nelson terbukti mahir menakuti musuhnya dan mengacaukan rencana Prancis. Di Trafalgar, Nelson memutuskan tradisi peperangan laut dan mendorong dua kolom ke garis Prancis untuk mewujudkan aksi umum di mana angkatan laut dan persenjataan superior anak buahnya akan memenangkan hari itu.

Orang Prancis disematkan ke tempatnya dan kemudian dibuat bingung oleh tindakan Nelson yang berani dan berani, menghasilkan salah satu kemenangan paling gemilang di negara ini.

7. SERANGAN STRATEGIS DAN PERTAHANAN TAKTIS: PANIPAT (1526)

Dalam perang, disarankan untuk maju ke wilayah yang bernilai strategis dan, begitu sampai, mempertahankan posisi taktis yang kuat dan memaksa musuh melakukan serangan yang mahal.

Babur, penguasa Kabul, berangkat untuk mengalahkan Lodi, sultan Delhi, tetapi dia hanya memiliki 12.000 orang melawan 100.000 orang, dan meskipun pasukannya dipersenjatai dengan senjata mesiu, laju tembakan mereka yang lambat membuat anak buahnya rentan terhadap kavaleri Lodi.

Babur maju dengan cepat ke Panipat dekat Delhi, mengetahui ancaman mendadak terhadap ibu kota lawannya ini akan mencegahnya mencari perlindungan di balik temboknya. Dia memilih medan perang dengan hati-hati dan membentuk penghalang gerobak, dan anak buah Lodi melakukan serangkaian serangan tanpa hasil. Setelah menimbulkan kerugian besar, Babur melakukan serangan balik, kemudian melanjutkan serangannya ke India.

8. PENIPUAN: Q-SHIPS (1915)

Agar berhasil, penipuan harus membangun keraguan yang signifikan di benak musuh sehingga mereka mengubah rencana mereka. Selama Perang Dunia I, Royal Navy berjuang untuk menemukan solusi untuk serangan U-boat di Atlantik.

Namun diketahui sejak awal bahwa Jerman lebih suka muncul ke permukaan dan menggunakan persenjataan utama yang kurang canggih di dek depan untuk menenggelamkan korban mereka. Dinamai berdasarkan pelabuhan asal mereka, Queenstown di Irlandia, sejumlah 'Q-ships' dikerahkan - kapal sipil dengan persenjataan tersembunyi.

Dengan palka yang dikemas dengan kayu untuk memungkinkannya mengapung bahkan saat ditorpedo, mereka sengaja dikirim ke area di mana U-boat diketahui beroperasi. Saat U-boat muncul ke permukaan, panel samping dijatuhkan untuk membersihkan jalur tembak senjata tersembunyi - teknik yang digunakan oleh HMS Baralong, yang menenggelamkan U-27 setelah muncul untuk menyerang seorang pedagang di barat daya Inggris.

9. INTELIJEN: MATAPAN (1941)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Wikipedia

Kemenangan medan perang dapat bergantung pada intelijen yang akurat dan tepat waktu tentang musuh, terutama mengenai niat dan kemampuannya. Pada bulan Maret 1941, intelijen angkatan laut mengetahui melalui pemecahan kode yang berhasil bahwa armada Italia yang kuat telah berangkat untuk menyerang konvoi Inggris.

Komandan armada terdekat, Laksamana Andrew Cunningham, memusatkan pasukannya, dan setelah serangan udara dia melumpuhkan sebuah kapal penjelajah Italia. Radar Angkatan Laut Kerajaan membantu menemukan kapal Italia yang tertabrak dan pengawalnya.

Cunningham memutuskan untuk membawa daya tembak maksimum dengan mendekat pada malam hari. Dalam aksi selanjutnya, Italia, yang tidak memiliki aset intelijen yang sebanding, kehilangan dua kapal penjelajah berat dan dua kapal perusak lagi.

10. PERANG GURRILLA: CHINA (1934-1949)

Dalam keadaan yang tepat, pasukan gerilya dapat meraih sukses besar. Inti dari perang pemberontak adalah serangan tabrak lari dan penyembunyian dalam lingkungan operasional. Gerilyawan membutuhkan dukungan penduduk untuk intelijen dan rekrutan, dan untuk memenangkan kekuatan politik.

Di China pada tahun Tiga Puluh, Mao Zedong, mengetahui pemerintah berusaha untuk menyelesaikan pemberontakan dengan cepat, menganjurkan perang yang berlarut-larut. Jika diserang, dia akan menolak pertempuran, mundur ke pedalaman.

Long March, yang dimulai pada tahun 1934, adalah salah satu retret semacam itu, tetapi fokus sebenarnya adalah pada pendidikan politik: pada tahun 1945 ia memiliki 14 daerah basis dengan jutaan pendukung.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0820 seconds (0.1#10.140)