Situasi Memanas, 2 Helikopter Sekutu Rusia Serbu Negara NATO

Rabu, 02 Agustus 2023 - 08:10 WIB
loading...
A A A
Beberapa dari mereka mem-posting foto helikopter tersebut. Militer Warsawa awalnya membantah bahwa dua helikopter Belarusia telah menyeberang ke wilayah udara Polandia.

Namun menjelang malam, Kementerian Pertahanan mengakui insiden itu. "Telah terjadi pelanggaran wilayah udara Polandia oleh dua helikopter Belarusia yang sedang melakukan pelatihan di dekat perbatasan," kata kementerian tersebut, seperti dikutip AP, Rabu (2/8/2023).

Belarusia sebelumnya telah memberi tahu Polandia tentang rencana untuk melakukan latihan di daerah tersebut. Dua helikopter Belarusia terbang di ketinggian rendah dan tidak terdeteksi oleh radar.

Menanggapi serbuan tersebut, Menteri Pertahanan Polandia Mariusz BĹ‚aszczak memerintahkan peningkatan jumlah tentara di sepanjang perbatasan, serta peningkatan sumber daya lainnya, termasuk helikopter tempur.

Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Polandia mengatakan bahwa kuasa usaha Belarusia dipanggil."Warsawa mengeluarkan protes keras dan meminta pihak Belarusia untuk segera dan secara rinci menjelaskan insiden itu," kata kementerian tersebut.

"Pihak Polandia menekankan bahwa insiden itu dianggap sebagai elemen lain dari eskalasi ketegangan di perbatasan Polandia-Belarusia. Polandia berharap Belarusia menahan diri dari kegiatan semacam itu," paparnya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)