Ukraina Punya Rencana Rahasia jika Zelensky Dibunuh atau Terbunuh

Rabu, 02 Agustus 2023 - 05:45 WIB
loading...
Ukraina Punya Rencana Rahasia jika Zelensky Dibunuh atau Terbunuh
Volodymyr Zelensky memegang senjata dalam serial televisi komedi Pelayan Rakyat. Foto/YouTube/Kvartal 95 Studio
A A A
KIEV - Jika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dibunuh atau terbunuh, dia dapat digantikan oleh tim pejabat senior terpilih, dengan penggantinya yang sah bertindak sebagai boneka.

Politico melaporkan hal itu pada Senin (31/7/2023), mengutip sejumlah sumber.

Konstitusi negara dengan jelas menyatakan jika presiden tidak dapat memenuhi tugasnya, ketua parlemen Ukraina, saat ini Ruslan Stefanchuk, yang harus mengambil alih.

Namun, menurut laporan tersebut, tokoh yang terakhir tidak terlalu populer di kalangan publik Ukraina, dengan peringkat persetujuan hanya sekitar 40%.

Menurut pejabat dan analis Ukraina yang diwawancarai outlet tersebut, ini berarti bahwa, jika Zelensky meninggal sebelum waktunya, negara tersebut akan dipimpin oleh dewan pemerintahan.

“Meski Stefanchuk akan menjadi kepala resminya, dewan pemerintahan juga akan terdiri dari anggota lain, termasuk kepala kantor kepresidenan Andrey Ermak, Menteri Luar Negeri Dmitry Kuleba, dan Menteri Pertahanan Aleksey Reznikov,” ungkap laporan Politico.



Valery Zaluzhny, yang saat ini mengepalai militer Ukraina, juga diperkirakan akan mempertahankan jabatannya, menurut laporan tersebut.

Adrian Karatnycky, rekan senior bukan penduduk di Dewan Atlantik, mengatakan kepada Politico bahwa Kiev memiliki "tim kepemimpinan yang kuat" dan "kita akan melihat pemerintahan kolektif."

Dia menambahkan, “Jika sesuatu yang buruk terjadi pada Zelensky, itu tidak akan menentukan seperti yang Anda pikirkan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)