5 Alasan Rakyat Bangladesh Menuntut PM Sheikh Hasina Mundur

Senin, 31 Juli 2023 - 15:45 WIB
loading...
5 Alasan Rakyat Bangladesh Menuntut PM Sheikh Hasina Mundur
Demonstrasi di Bangladesh berlangsung ricuh dan menjadi krisis politik. Foto/Reuters
A A A
DHAKA - Polisi di Bangladesh bentrok dengan pendukung oposisi, menembakkan gas air mata dan peluru karet saat pendukung Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) dalam beberapa hari terakhir.

Itu dikarenakan demonstran oposisi memblokir jalan-jalan utama di ibu kota Dhaka untuk menuntut pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Sheikh Hasina. Menurut BNP, puluhan pendukungnya terluka dan lebih dari 120 anggota ditangkap.

Berikut adalah 5 alasan mengapa rakyat Bangladesh menunut PM Sheikh Hasina mengundurkan diri.

1. Krisis Ekonomi

5 Alasan Rakyat Bangladesh Menuntut PM Sheikh Hasina Mundur

Foto/Reuters

Ketika krisis ekonomi di negara itu memburuk di tengah meningkatnya inflasi dan krisis biaya hidup, BNP mengadakan demonstrasi besar-besaran dalam beberapa bulan terakhir dengan puluhan ribu pendukung partai turun ke jalan.

Gejolak saat ini adalah salah satu krisis politik paling serius yang dihadapi Hasina dan partai Liga Awami-nya dalam beberapa tahun terakhir.

2. Menuntut Pemilu yang Dipercepat

5 Alasan Rakyat Bangladesh Menuntut PM Sheikh Hasina Mundur

Foto/Reuters

BNP menginginkan Perdana Menteri Hasina mundur dan untuk pemilihan berikutnya, yang jatuh tempo pada Januari 2024, diadakan di bawah pemerintahan sementara yang netral.

Jenderal BNP Mirza Fakhrul Islam Alamgir mengatakan tidak ada ruang untuk “melakukan pemilihan yang adil di bawah pemerintahan ini”.

“Setiap institusi penting negara telah dihancurkan dan hak-hak rakyat telah dirampas. Kenaikan harga dari setiap kebutuhan pokok telah membuat hidup orang sengsara,” kata Alamgir kepada para pendukungnya.

BNP, yang pemimpin dan mantan Perdana Menteri Khalida Zia secara efektif menjadi tahanan rumah atas tuduhan korupsi, sebelumnya menuduh Hasina melakukan kecurangan suara pada 2014 dan 2018. Liga Awami telah berulang kali menolak tuduhan tersebut.

Hasina, yang mempertahankan kontrol ketat sejak berkuasa pada 2009, dituduh melakukan otoritarianisme dan pelanggaran hak asasi manusia, serta menekan kebebasan berbicara dan perbedaan pendapat.

3. Ratusan Ribu Aktivis Oposisi Ditahan

5 Alasan Rakyat Bangladesh Menuntut PM Sheikh Hasina Mundur

Foto/Reuters

Pasukan keamanannya dituduh menahan puluhan ribu aktivis oposisi, membunuh ratusan orang dalam pertemuan di luar hukum dan menghilangkan ratusan pemimpin dan pendukung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)