5 Agama Warga Negara Denmark, Mayoritas Pendeta Adalah Perempuan

Senin, 31 Juli 2023 - 14:29 WIB
loading...
5 Agama Warga Negara Denmark, Mayoritas Pendeta Adalah Perempuan
Kristen merupakan agama mayoritas di Denmark. Foto/Reuters
A A A
KOPENHAGEN - Denmark dikenal sebagai negara di mana banyak warganya mengklaim dirinya sebagai ateis. Namun, agama tetap menjadi hal signifikan di Denmark.

Apalagi, Denmark menganut sistem monarki konstitusional di mana menjadikan agama Kristen sebagai landasan untuk kekuasaan.

Berikut adalah 5 agama terbesar di Denmark.

1. Kristen (72%)

5 Agama Warga Negara Denmark, Mayoritas Pendeta Adalah Perempuan

Foto/Reuters

Melansir denmark.dk, di Denmark, 72% populasi terdaftar sebagai anggota Gereja Lutheran Injili. Tapi kurang dari seperlima orang Denmark menganggap diri mereka "sangat religius".

Kekristenan telah membentuk budaya Denmark, dan pedesaan Denmark tetap dihiasi dengan gereja-gereja tradisional. Sebagian besar kota Denmark menawarkan berbagai gereja yang mencakup gereja negara Injil Lutheran serta jemaat Katolik dan Pentakosta.

Namun, hanya sedikit orang Denmark yang pergi ke gereja secara teratur. Nyatanya, banyak yang pergi hanya setahun sekali - biasanya pada Malam Natal.



Gereja masih populer untuk menandai peristiwa kehidupan, seperti pembaptisan, pernikahan, dan pemakaman. Banyak orang Denmark juga memilih untuk membayar "pajak gereja" opsional yang diperlukan untuk dapat mengadakan acara di gereja negara, serta untuk mendukung pemeliharaan gedung gereja yang indah, beberapa berasal dari Abad Pertengahan (1100- 1200AD).

Di banyak daerah, gereja juga berfungsi sebagai pusat komunitas. Sekelompok orang tua baru bertemu di gereja dengan bayi mereka untuk musik "nyanyian mazmur bayi", para remaja mempersiapkan konfirmasi dan merencanakan pesta, dan orang tua bertemu untuk minum kopi dan kue.

Menariknya, lebih dari 55% pendeta di gereja negara adalah wanita.

Roskilde-CathedralRoskilde Cathedral - situs Warisan Dunia UNESCO. Gereja dikenal sebagai gereja yang menampung lebih banyak kuburan Raja dan Ratu daripada gereja lain mana pun di dunia.

Siapa pun dapat menghadiri kebaktian di sebuah gereja di Denmark. Tetapi untuk mengadakan suatu acara, seperti pernikahan atau pemakaman, Anda harus menjadi anggota gereja Denmark dan membayar pajak gereja sukarela.

2. Islam (4,4%)

5 Agama Warga Negara Denmark, Mayoritas Pendeta Adalah Perempuan

Foto/Anadolu

Islam adalah agama non-Kristen terbesar di Denmark saat ini. Sekitar 270.000 Muslim tinggal di Denmark, sebagian besar di daerah perkotaan. Ada dua masjid agung di Kopenhagen dan lebih dari 185 masjid di seluruh negeri.

Sedangkan peneliti Denmark Brian Arly Jacobsen, jumlah Muslim yang tinggal di Denmark mencapai . 256.000 orang atau sekitar 4,4% dari populasi pada tahun 2020. Itu menjadikan Islam sebagai agama minoritas terbesar.

Ahmadiyah merupakan salah satu dari 28 komunitas Muslim yang diakui di Denmark.


3. Yahudi

Selama lebih dari 400 tahun, orang Yahudi telah mempraktikkan agama mereka di Denmark. Sinagog Agung Kopenhagen didirikan pada tahun 1833 dan kebaktian masih diadakan.

Selama pendudukan Jerman di Denmark (1940-45), Raja Christian X membayar banyak orang Yahudi untuk melarikan diri ke Swedia yang netral. Namun, cerita yang sering diulang bahwa raja sendiri mengenakan bintang kuning Daud yang menentang penjajah Jerman tidak benar. Komunitas Yahudi saat ini di Denmark sangat kecil.

Pada dekade-dekade awal abad ke-20, masuknya orang-orang Yahudi Eropa Timur yang lebih sekuler, berbahasa Yiddish. Hampir 99% orang Yahudi Denmark selamat dari Holocaust, sebagian karena tindakan perlawanan Denmark, dan tawaran suaka pemerintah Swedia kepada orang Yahudi Denmark.

Saat ini ada sekitar 6.000 etnis Yahudi di Denmark, 1700 di antaranya menjadi anggota organisasi resmi Komunitas Yahudi di Denmark.

4. Iman Baha'i

Keyakinan Baha'i tiba di Denmark pada tahun 1925, tetapi pengaruhnya tidak banyak sampai kedatangan perintis Amerika pada tahun 1946. Majelis Spiritual Nasional dibentuk pada tahun 1962. Pada tahun 2005, diperkirakan ada sekitar 1.251 penganut Baha'i di dalam negeri.

5. Buddha

Buddha di Denmark dibawa kembali dari ekspedisi yang menjelajahi anak benua India. Minat awal terutama dari para intelektual, penulis, Buddhologists dan Philologists. Pada tahun 1921, Christian F. Melbye mendirikan Perhimpunan Buddhis pertama di Denmark, tetapi kemudian dibubarkan pada tahun 1950 sebelum kematiannya pada tahun 1953.

Pada tahun 1950-an, terjadi kebangkitan minat terhadap Buddhisme, terutama Buddhisme Tibet dan Hannah dan Ole Nydahl, mendirikan pusat Buddhis Karma Kagyu pertama di Kopenhagen. Gelombang ketiga agama Buddha datang pada 1980-an, ketika para pengungsi dari Vietnam, Sri Lanka, dan China datang ke Denmark.

Pada tahun 2009 Universitas Aarhus memperkirakan ada 20.000 pemeluk Buddha di Denmark.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)