Picu Gangguan Keamanan, Swedia Segera Usir Salwan Momika yang Membakar Alquran

Minggu, 30 Juli 2023 - 15:07 WIB
loading...
A A A
Pengadilan Swedia telah memutuskan bahwa polisi tidak dapat menghentikan pembakaran kitab suci, tetapi pemerintah Perdana Menteri Ulf Kristersson mengatakan pada awal Juli akan memeriksa apakah ada alasan untuk mengubah Undang-Undang Ketertiban Umum untuk memungkinkan polisi menghentikan pembakaran Alquran.

Sebelumnya, Kristersson mengonfirmasi bahwa polisi telah menerima beberapa permohonan izin untuk pembakaran teks-teks agama di negara itu minggu depan, dan dia khawatir hal ini dapat meningkatkan ketegangan lebih lanjut dengan dunia Muslim.

Dalam komentar publik pertamanya sejak dimulainya krisis yang sangat mempererat hubungan Stockholm dengan negara-negara Muslim, Kristersson mengatakan kepada kantor berita Swedia TT pada hari Kamis bahwa dia "sangat khawatir" tentang gelombang baru penodaan.

“Polisi yang membuat keputusan itu, bukan saya. Jika (izin) diberikan, kami menghadapi beberapa hari dengan risiko yang jelas akan terjadi hal-hal serius,” kata Kristersson kepada TT.

Serangkaian penodaan Alquran publik baru-baru ini oleh segelintir aktivis anti-Islam di Swedia – dan baru-baru ini di negara tetangga Denmark – telah memicu demonstrasi kemarahan di negara-negara Muslim.

Badan Keamanan Swedia mengatakan bahwa citra Swedia di antara negara-negara Muslim dan situasi keamanannya telah memburuk setelah pembakaran Alquran baru-baru ini, dan bahwa negara tersebut dapat menghadapi ancaman dari “dalam lingkungan Islamis yang kejam.”



Menteri Luar Negeri Tobias Billström dan perwakilan dinas keamanan hadir di hadapan komite urusan luar negeri Parlemen Swedia untuk membahas krisis pembakaran Alquran, atas permintaan oposisi dari Partai Sosial Demokrat.

Setelah pertemuan, Billström mengatakan kepada TT bahwa situasinya serius tetapi tidak ada “perbaikan cepat” untuk mendinginkan suasana anti-Swedia di dunia Muslim.

“Tugas utama dan terpenting kami adalah melindungi kepentingan Swedia dan keselamatan orang Swedia baik di sini maupun di luar negeri,” Billström dikutip oleh TT. “Kita harus menanggapi perkembangan yang sedang berlangsung dengan sangat serius; semua orang di negara kita harus melakukannya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)