Tentara Polandia Respons Pengerahan Pasukan Wagner di Belarusia

Sabtu, 29 Juli 2023 - 05:01 WIB
loading...
Tentara Polandia Respons Pengerahan Pasukan Wagner di Belarusia
Tentara Polandia memasang kawat berduri di sepanjang perbatasan dengan kantong Rusia di Kaliningrad. Foto/epa
A A A
WARSAWA - Polandia bermaksud menggandakan jumlah tentaranya dari tiga menjadi enam divisi sebagai tanggapan atas pengerahan pasukan Wagner di Belarusia.

Menteri Pertahanan (Menhan) Polandia Mariusz Blaszczak mengumumkan hal itu pada Jumat (28/7/2023). Pernyataannya juga didukung Wakil Perdana Menteri Polandia Yaroslav Kaczynski.

Blaszczak mengatakan dia telah menandatangani dokumen yang meningkatkan jumlah anggota dinas aktif di Angkatan Darat Polandia dari 172.000 menjadi 300.000.

Dia mencatat, pemerintah “secara konsisten menerapkan tujuan ini.”

Dia menambahkan Warsawa juga memiliki rencana untuk meningkatkan pengeluaran pertahanannya menjadi 4% dari PDB.

Selain divisi baru, Kaczynski mengatakan divisi cadangan kemungkinan besar akan dibuat di beberapa titik.

Dia menyatakan pemerintah sedang berupaya memulihkan unit militer yang dibubarkan di bawah mantan Presiden Polandia Donald Tusk.



Dia juga mengatakan Warsawa sedang bekerja memperkuat perbatasan negara dengan Belarusia dengan membangun pagar dan mengerahkan "berbagai jenis perangkat elektronik untuk memfasilitasi perlindungan perbatasan," dan untuk mencegah serangan yang dia klaim sedang disiapkan oleh Minsk dengan dukungan dari Moskow.

Keputusan memperkuat tentara Polandia dilakukan setelah Warsawa mengumumkan akan mengerahkan kembali pasukan ke perbatasan timurnya sebagai tanggapan atas kedatangan Wagner dan Pemimpinnya Evgeny Prigozhin di Belarusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)