September, Tank Abrams Amerika Dilaporkan Tiba di Ukraina

Jum'at, 28 Juli 2023 - 19:16 WIB
loading...
September, Tank Abrams Amerika Dilaporkan Tiba di Ukraina
September, tank Abrams AS dilaporkan tiba di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Sejumlah tank Abrams buatan Amerika Serikat (AS) kemungkinan akan tiba di medan perang Ukraina pada bulan September. Hal itu diungkapkan sumber-sumber yang mengetahui rencana tersebut kepada Politico saat pasukan Ukraina mendesak untuk merebut kembali wilayah dalam serangan balasan yang semakin meningkat.

Rencananya adalah mengirim beberapa tank Abrams ke Jerman pada bulan Agustus, di mana mereka akan menjalani perbaikan akhir. Setelah proses itu selesai, gelombang pertama tank Abrams akan dikirim ke Ukraina pada bulan berikutnya.

Potensi pengiriman Agustus dan September menandai kerangka waktu paling spesifik yang disediakan ketika tank tempur utama Amerika itu diharapkan meluncur ke medan perang. Pejabat Pentagon sebelumnya mengatakan tank Abrams akan berada di tangan Ukraina pada musim gugur.

AS akan mengirimkan model M1A1 atau versi lama daripada versi A2 yang lebih modern, yang akan memakan waktu satu tahun untuk sampai ke Ukraina.

Sumber-sumber tersebut - seorang pejabat Departemen Pertahanan, seorang pejabat AS, seorang pejabat industri, seorang pembantu kongres dan dua orang lainnya yang mengetahui diskusi tersebut - semuanya anonimitas untuk membahas rencana sensitif yang belum diumumkan.



"Batch awal akan melibatkan enam sampai delapan tank," kata pejabat industri dan pembantu kongres seperti dikutip dari Politico, Jumat (28/7/2023).

Secara total AS berencana mengirim 31 tank, senilai satu batalion Ukraina.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan AS mengatakan tank-tank itu bahkan dapat tiba di Ukraina pada awal Agustus. Sementara pejabat industri mengatakan modifikasi pertama telah selesai, tidak jelas apakah semua perbaikan yang diperlukan dapat diselesaikan pada akhir Agustus.

Tapi situasinya lebih rumit dari sekadar pengiriman tank dan awak pelatihan. Pejabat Departemen Pertahanan AS yang lain mengatakan bahwa AS bekerja dengan sekutu Eropanya untuk membangun fasilitas perbaikan pemeliharaan yang berat, terutama untuk kerusakan tank Abrams dan kendaraan lapis baja berat lainnya yang telah disumbangkan ke Ukraina akibat pertempuran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)