Kim Jong-un Tunjukkan Rudal Nuklir Korut yang Mampu Gempur AS

Jum'at, 28 Juli 2023 - 09:19 WIB
loading...
Kim Jong-un Tunjukkan Rudal Nuklir Korut yang Mampu Gempur AS
Parade militer besar-besaran di Pyongyang, Korea Utara, Kamis malam, menampilkan rudal nuklir yang mampu menyerang daratan Amerika Serikat. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
PYONGYANG - Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (Korut), memamerkan rudal nuklir Hwasong-17 dan Hwasong-18 yang diklaim mampu menyerang daratan Amerika Serikat (AS).

Dua jenis rudal balistik antarbenua (ICBM) bagian dari beragam senjata yang dipamerkan dalam parade militer besar-besaran di Pyongyang pada Kamis malam.

Media pemerintah Korut, KCNA, pada Jumat (28/7/2023), melaporkan delegasi dari China dan Rusia ikut hadir menyaksikan rudal-rudal berbahaya yang dipamerkan.



Parade militer yang ditunggu-tunggu secara luas diadakan pada Kamis malam untuk memperingati 70 tahun berakhirnya Perang Korea, yang dirayakan di Korea Utara sebagai "Hari Kemenangan".

Delegasi China dan Rusia, termasuk Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, adalah pengunjung pertama Korea Utara sejak pandemi Covid-19 dimulai.

Penampilan mereka di parade rudal nuklir Korea Utara—yang dilarang oleh Dewan Keamanan PBB dengan dukungan China dan Rusia—menandai kontras dengan tahun-tahun sebelumnya ketika Beijing dan Moskow mengambil langkah untuk menjauhkan diri dari pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik Pyongyang.

KCNA mengonfirmasi bahwa parade senjata itu termasuk ICBM Hwasong-17 dan Hwasong-18 terbaru Korea Utara yang memiliki jangkauan untuk menyerang sasaran di manapun di daratan Amerika Serikat.

Parade tersebut, lanjut KCNA, juga menampilkan drone tempur dan drone mata-mata baru. Uniknya, drone itu mirip dengan pesawat nirawak MQ-9 Reaper Amerika Serikat.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)