3 Fakta Jenderal Omar Tchiani, Komandan Pengawal Presiden Niger yang Memimpin Kudeta

Kamis, 27 Juli 2023 - 22:13 WIB
loading...
3 Fakta Jenderal Omar Tchiani, Komandan Pengawal Presiden Niger yang Memimpin Kudeta
Jenderal Omar Tchiani, kepala pengamanan presiden Niger, yang dituduh melakukan kudeta. Foto/Apanews
A A A
NIGER - Menyusul kudeta kekuasaan Presiden Niger Mohamed Bazoum pada hari Rabu, Jenderal Omar Tchiani, komandan pengawal presiden, telah dituduh sebagai orang di balik kudeta.

Anggota unit khusus yang dipimpin oleh Tchiani menahan Bazoum di dalam istana kepresidenan, mendorong para pemimpin daerah untuk mengatur misi mediasi cepat untuk mencoba mencegah kudeta.

Beberapa jam kemudian, sekelompok tentara muncul di televisi nasional negara Afrika Barat mengklaim telah mengambil alih kursi kepresidenan.

“Pasukan pertahanan dan keamanan … telah memutuskan untuk mengakhiri rezim yang Anda kenal,” kata Kolonel-Mayor Amadou Abdramane dalam pernyataan yang disiarkan di televisi nasional, dikelilingi oleh sembilan pria berseragam, bagian dari kelompok yang menamakan dirinya Dewan Nasional untuk Perlindungan Negara, dilansir Al Jazeera.

Abdramane juga mengatakan semua institusi ditangguhkan, perbatasan darat dan udara ditutup dan jam malam diberlakukan.

Meskipun Tchiani tidak hadir di TV, dia secara luas dianggap sangat berpengaruh di balik layar dalam agenda tersebut.

Berikut adalah 3 fakta tentang Jenderal Omar Tchiani yang memimpin kudeta di Niger.

1. Bukan Jenderal yang Populer

3 Fakta Jenderal Omar Tchiani, Komandan Pengawal Presiden Niger yang Memimpin Kudeta

Foto/Reuters

Sangat sedikit yang diketahui tentang sang jenderal, yang kabarnya juga bernama Abdourahmane.
Menurut laporan kantor berita APA, Tchiani berasal dari wilayah barat Tillaberi, Niger, daerah perekrutan utama untuk tentara.

Dia telah memimpin pengawal presiden sejak 2015 dan merupakan sekutu dekat mantan Presiden Mahamadou Issoufou – politisi yang memimpin negara hingga 2021.

Ironisnya, dia memimpin unit yang melawan upaya kudeta di negara itu pada Maret 2021, ketika sebuah unit militer mencoba merebut istana presiden beberapa hari sebelum Bazoum yang baru saja terpilih, akan dilantik.

Pemilihan Barzoum menandai pemindahan kekuasaan pertama yang damai dan demokratis di Niger sejak kemerdekaannya dari Prancis pada tahun 1960. Begitu dia menjabat, dia menjadikan sang jenderal sebagai kepala pengawal presiden, sebuah unit khusus yang terdiri dari sekitar 2.000 tentara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)