Putin: Rusia Siap Ganti Biji-bijian Ukraina Tanpa Biaya untuk Afrika

Kamis, 27 Juli 2023 - 19:15 WIB
loading...
A A A
“Moskow berharap zona industri Rusia akan diluncurkan di kawasan Terusan Suez Mesir dalam waktu dekat,” papar Vladimir Putin.

"Di Mesir, saya berbicara dengan seorang kolega kemarin, dengan Presiden (Abdel Fatah) Sisi, kami sedang mendiskusikan (masalah ini) dan saya harap kami akan meluncurkan zona industri Rusia di kawasan Terusan Suez dalam waktu dekat," ungkap Putin di KTT Rusia-Afrika.

Kemitraan Ekonomi Rusia-Afrika


Rusia dan Afrika dapat secara signifikan meningkatkan perdagangan timbal balik dalam waktu dekat, menurut Putin.

"Saya ingin mencatat bahwa perdagangan antara Rusia dan Afrika mencapai USD18 miliar tahun lalu. Ini adalah salah satu hasil nyata dari KTT Rusia-Afrika di Sochi. Saya yakin kita semua dapat meningkatkan perdagangan secara lebih signifikan dalam waktu dekat," ujar Putin pada sesi paripurna KTT Rusia-Afrika.

Putin menambahkan potensi Afrika sudah jelas, dan Rusia tertarik untuk lebih memperdalam hubungan dengan benua itu.

"Potensi Afrika jelas bagi semua orang, misalnya, tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata PDB benua selama 20 tahun terakhir, 4% dan 4,5% per tahun, melebihi global," ungkap Putin.

Presiden menambahkan Rusia tertarik untuk memperdalam hubungan perdagangan dan kemanusiaan dengan Afrika.

“Rusia telah meningkatkan ekspor minyak mentah, produk minyak dan gas alam cair ke negara-negara Afrika sebesar 2,6 kali lipat selama dua tahun terakhir,” tegas Putin.

"Selama dua tahun terakhir, ekspor minyak, produk minyak, dan gas alam cair Rusia ke Afrika telah meningkat 2,6 kali lipat," ujar Putin.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)