AS Parkir Armada Serangan Amfibi di Teluk Persia, Iran Sesumbar Kekuatan Rudal

Selasa, 25 Juli 2023 - 18:44 WIB
loading...
A A A


Teheran menyebut rudal yang memiliki jangkauan lebih dari 1.000 km itu secara dramatis akan meningkatkan jangkauan maritim negara itu.

“Karena misil itu memiliki batas terbang yang sangat rendah dan jangkauan yang sangat jauh, itu sulit dilacak,” papar Komandan Tangsiri.

Rudal baru itu dinamai Abu Mahdi al-Muhandis, mendiang komandan milisi Irak yang terbunuh dalam serangan pembunuhan AS di Baghdad pada Januari 2020 bersama komandan Pasukan Quds IRGC Qasem Soleimani.

Saat itu kedua tokoh Iran tersebut sedang dalam misi perdamaian rahasia di Irak bertujuan untuk normalisasi hubungan antara Iran dan Arab Saudi.

Ketegangan Teluk


Ketegangan di Teluk Persia melonjak awal bulan ini setelah AS mengumumkan pengerahan jet tempur F-16 dan pesawat serang darat A-10 untuk berpatroli di perairan strategis setelah serangkaian penyitaan kapal oleh Iran karena pelanggaran lalu lintas maritim dan upaya penyelundupan minyak.

Kamis lalu, Pentagon mengumumkan pengerahan dua kapal perang amfibi dan ribuan Marinir dari Unit Ekspedisi Marinir ke-26 ke Teluk atas perintah Menteri Pertahanan AS Austin.

“Melalui tindakan ini, Amerika Serikat menunjukkan komitmen untuk memastikan kebebasan navigasi dan menghalangi kegiatan destabilisasi Iran di kawasan itu,” ungkap pernyataan Pentagon.

AS menggunakan garis ‘kebebasan navigasi’ yang sama yang digunakannya untuk membenarkan pengerahan kapal perang, pesawat terbang, dan pasukan ribuan mil dari pantai Amerika ke perairan yang diklaim China di Laut China Selatan.

Pekan lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani menekankan, "Iran memantau dengan sensitif setiap tindakan ilegal dan tidak konstruktif yang memengaruhi keamanan kawasan dan akan memberikan perhatian khusus pada setiap tindakan provokatif dan ilegal, terutama di dekat perbatasannya."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)