10 Perang yang Diramalkan Terjadi di Masa Depan, Salah Satunya dekat Indonesia

Selasa, 25 Juli 2023 - 06:53 WIB
loading...
10 Perang yang Diramalkan Terjadi di Masa Depan, Salah Satunya dekat Indonesia
Laut China Selatan diprediksi akan menjadi medan perang di masa depan. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Winston Churchill pernah berkata, "Perang adalah katalog kesalahan kasar." Dunia lebih dekat ke konflik global daripada titik lain sejak Era Perang Dingin.

Kevin Miller, seorang pengamat militer di Amerika Serikat (AS), menyatakan bahwa terdapat 10 perang yang kemungkinan besar akan dilihat dimulai dalam beberapa dekade berikutnya.

Berikut adalah 10 perang yang akan terjadi di masa depan.

10. India vs Pakistan

10 Perang yang Diramalkan Terjadi di Masa Depan, Salah Satunya dekat Indonesia

Foto/Reuters

India dan Pakistan hanya menjadi negara yang terpisah sejak 1947, namun pada saat itu mereka berperang empat kali antara satu sama lain.

Banyak dari konflik mereka berpusat di sekitar wilayah Kashmir yang disengketakan. Perang terakhir mereka pada tahun 1999 hanya menyebabkan sekitar 1.000 kematian antara dua kekuatan regional, namun, setiap perang di masa depan kemungkinan besar akan menjadi bencana besar.

Ini karena India dan Pakistan adalah kekuatan nuklir. India memiliki 110 nuklir sementara Pakistan memiliki 130. Dalam konfrontasi nuklir penuh, kedua negara akan terhapus dari peta. Tapi itu bahkan bukan yang terburuk, para ilmuwan memperkirakan bahwa radiasi akan menyebar ke seluruh Asia menyebabkan gagal panen yang akan memicu kelaparan global.

Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa miliaran nyawa akan hilang. Bahkan jika kedua negara memutuskan untuk menahan kemampuan nuklir mereka, tentara Pakistan memiliki sekitar 700.000 tentara dan tentara India memiliki sekitar 1,4 juta. Kedua belah pihak akan hancur jika kekuatan ini berhenti.

9. AS vs. Iran

10 Perang yang Diramalkan Terjadi di Masa Depan, Salah Satunya dekat Indonesia

Foto/Reuters

Namun, ketegangan telah meningkat sekali lagi setelah Iran terus menguji rudal balistik antarbenua (ICBM). AS khawatir rudal ini dimaksudkan sebagai kendaraan yang dapat menyebarkan senjata nuklir yang kemungkinan akan ditujukan ke Israel.

Jika pemerintahan AS percaya bahwa Iran berada di ambang pengembangan kemampuan nuklir, mereka pasti akan melancarkan serangan pendahuluan terhadap negara Timur Tengah itu.

Pada pandangan pertama, tampaknya AS, yang menghabiskan sekitar USD700 miliar untuk pertahanan, tidak akan kesulitan masuk dan menggulingkan rezim Iran, yang menghabiskan sekitar USD30 miliar untuk pertahanannya.

Namun, seperti yang disadari AS selama Perang Vietnam, bertempur di wilayah yang sulit dikendalikan, seperti hutan Vietnam atau daerah pegunungan Iran, tidaklah mudah. AS kemungkinan akan ditarik ke dalam perang gerilya selama beberapa dekade dengan faksi-faksi rezim Iran.

8. Perang Saudara Meksiko

Babak mengerikan lainnya dari perang narkoba Meksiko yang sedang berlangsung, yang telah merenggut 200.000+ nyawa sejak 2006 dan telah meningkatkan tingkat pembunuhan Meksiko ke level tertinggi dalam 20 tahun.

Namun, itu berubah menjadi skandal politik yang dramatis ketika terungkap bahwa kartel narkoba diperintahkan untuk menculik dan membunuh mahasiswa atas permintaan walikota setempat.

Menambah ketidakpuasan ini, pertumbuhan inflasi dan kemiskinan yang merajalela dan tidak mengherankan bahwa peringkat persetujuan presiden secara historis rendah, berkisar di 20%. Protes massa menjadi semakin sering dan keras. Jika Meksiko larut dalam perang saudara antara militer, pasukan anti-pemerintah, dan kartel narkoba, siapa pun dapat menebak kekacauan yang akan terjadi.

7. Rusia vs China

Sulit dipercaya bahwa ada orang waras yang ingin tinggal di Siberia. Namun, sebidang tanah besar ini menyebabkan ketegangan antara Kremlin dan Beijing.

Siberia merupakan 2/3 dari daratan Rusia tetapi ini adalah edisi yang relatif baru bagi negara tersebut. Konvensi Peking pada tahun 1860 adalah ketika Rusia pada dasarnya mendaratkan kendali atas wilayah tundra, tetapi sebelum itu menjadi milik China dan tampaknya sekarang negara Asia mungkin menginginkannya kembali.

China telah membeli jejak besar dari daerah kaya mineral di Siberia. Hal ini memicu kekhawatiran di Kremlin bahwa Beijing sedang mencoba melemahkan pengaruhnya di Siberia. Dikabarkan bahwa China akan mulai mengeluarkan paspor kepada siapa saja yang menginginkan kewarganegaraan di Siberia, yang pada akhirnya mengisi Siberia dengan warga negara China.

Ancaman apa pun yang dirasakan dari Rusia terhadap warga negara China yang baru dicetak ini akan memberi China alasan untuk menyerang atas nama melindungi rakyatnya. Jika China benar-benar menggunakan militernya untuk memaksa perampasan tanah besar-besaran, itu pasti akan dilakukan dengan cepat dengan 2,3 juta pasukannya. Dan karena medan Siberia yang sulit, satu-satunya cara Rusia dapat memenangkan perang adalah dengan menggunakan 7.000 nuklirnya, menghapus China dari peta.

6. Mesir vs. Etiopia

Dari Mesir kuno hingga Republik Arab modern, Mesir selalu mengandalkan air Sungai Nil untuk bertahan hidup. Karena itu, tidak mengherankan jika mereka mempertimbangkan perang melawan negara yang mengancam pasokan air mereka.

Danau Tana di Etiopia adalah salah satu dari dua sumber Sungai Nil, dan Etiopia telah mengambil langkah-langkah untuk memaksimalkan persediaan airnya. Mulai tahun 2011, Etiopia memulai pembangunan bendungan yang ketika selesai, struktur setinggi 150m akan menggerakkan sebagian besar negara dan memungkinkan orang Etiopia mengambil bagian terbesar dari sumber daya air Sungai Nil.

Itu sangat besar bagi Ethiopia dan menakutkan bagi Mesir. Pemerintah Mesir secara terbuka mempertimbangkan untuk mengebom bendungan karena ancaman yang akan segera terjadi terhadap keamanan air Mesir. Ethiopia menganggap serangan udara Mesir di bendungan itu sangat mungkin terjadi sehingga mereka telah mengepung fasilitas itu dengan persenjataan anti-pesawat. Selain itu, militer Ethiopia sangat waspada dan siap membalas kapan saja sejak Mei 2017. Semua ini, dan bendungan baru selesai 60%.

5. Iran vs Arab Saudi

10 Perang yang Diramalkan Terjadi di Masa Depan, Salah Satunya dekat Indonesia

Foto/Reuters

Perang Dingin mungkin telah berakhir dengan runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, tetapi Timur Tengah berada dalam Perang Dinginnya sendiri. Iran dan Arab Saudi adalah musuh bebuyutan, dan perseteruan mereka adalah kunci untuk memahami konflik di Timur Tengah.

Semuanya dimulai pada tahun 1979 dengan Revolusi Iran yang populer, yang menggulingkan Shah Iran dan menerapkan Republik Islam di bawah Pemimpin Tertinggi Ayatollah. Ayatollah mendorong Muslim Syiah di seluruh dunia untuk bangkit dan menggulingkan musuh-musuh mereka, dan ini tidak sesuai dengan kerajaan Sunni Arab Saudi.

Runtuhnya Lebanon, Musim Semi Arab, perang sipil Yaman, dan blokade Qatar adalah semua peristiwa geopolitik global yang signifikan yang ditimbulkan oleh ketegangan antara Iran dan Arab Saudi. Kedua negara telah terlibat dalam banyak perang proksi di Suriah, Yaman, dan Irak, dan seiring berjalannya waktu, daftar ini hanya akan bertambah besar.

Dengan semakin kuatnya kedua negara dan semakin bertentangan satu sama lain dari hari ke hari, perang tampaknya tak terelakkan. Setiap perubahan dramatis di kawasan itu, seperti AS yang akhirnya menarik pasukannya, dapat menciptakan kekosongan kekuasaan yang menjadi pemicu perang antara kedua negara Islam tersebut.

4. Korea Utara vs AS

Perang atau tidak, Korea Utara telah memindahkan lebih banyak senjata anti-pesawat ke pantai timur secara kebetulan di mana Korea Selatan dan Amerika sedang melakukan latihan militer. Kim Jong Un mengklaim dia memiliki hak untuk menembak jatuh pesawat-pesawat ini bahkan jika mereka tidak memasuki wilayah udara Korea Utara.

Jika Korea Utara memulai perang, gabungan pasukan sekutu AS, Jepang, dan Korea Selatan akan mengalahkan pasukan Korea Utara, tetapi jika AS mengambil peran sebagai agresor, kemungkinan besar akan menyeret China yang akan mengintensifkan pertumpahan darah ke tingkat pembantaian WW2.

Bahkan tanpa bantuan China, karena Korea Utara beroperasi sebagai kediktatoran militer, negara itu berpotensi memanggil 4,8 juta tentara kapan saja, yang akan menyebabkan pertumpahan darah besar-besaran di semenanjung. Dan saya bahkan tidak akan mulai mengilustrasikan kemungkinan nuklir dijatuhkan di Seoul atau Tokyo.

3. Rusia vs NATO

Pada September 2017, politisi, media arus utama, dan profesional militer secara kolektif ketakutan ketika Rusia memulai latihan militer di sepanjang tepi timur kekaisarannya. Pakar intelijen militer percaya ini adalah upaya terselubung untuk mencaplok Belarusia.

Rusia mengumumkan latihan ini akan melibatkan 100.000 tentara, tetapi pada kenyataannya, hanya ada kurang dari 20.000 tentara yang terlibat dalam latihan perang. Tetap saja, ketakutan NATO itu rasional, lagipula, pada 2014 Rusia mengejutkan dunia ketika secara ilegal menduduki Ukraina dan mencaplok Krimea. Ini adalah bukti bahwa Putin mendorong ketegangan dengan NATO ke titik kritis.

Bukan rahasia lagi bahwa Putin ingin memperluas perbatasan Rusia, berpotensi mencapai luasnya Uni Soviet sebelum kehancurannya. Banyak yang menduga target berikutnya adalah Negara-negara Baltik, dan karena tiga negara Baltik, Estonia, Latvia, dan Lituania, adalah anggota NATO, setiap konflik yang melibatkan salah satu dari negara-negara ini akan menyeret 29 negara anggota, tidak peduli seberapa tidak rela, ke dalam konflik bersenjata dengan Kremlin.


2. Perang Laut China Selatan

10 Perang yang Diramalkan Terjadi di Masa Depan, Salah Satunya dekat Indonesia

Foto/Reuters

Laut China Selatan merupakan tempat bagi 10% perikanan dunia dan puluhan miliar barel minyak. Laut Cina Selatan adalah daerah kaya sumber daya yang menarik bagi setiap negara di kawasan ini.

China menyadari hal ini, dan ingin mengklaimnya sebanyak mungkin. Perserikatan Bangsa-Bangsa melarang negara mana pun untuk mengekstraksi sumber daya lebih dari 200 mil laut dari garis pantai mereka. Namun demikian, China telah menemukan cara cerdas untuk menghindari ini… yaitu membangun pulau.

Sejak 2014, negara Asia itu secara artifisial membangun pulau-pulau di lepas pantai selatannya. Daratan sintetik ini memperluas wilayah negara dan, menurut China, memungkinkannya untuk mengklaim sebagian besar Laut China Selatan dan sumber dayanya.

Untuk menunjukkan bahwa mereka tidak main-main, China telah menempatkan tentara dan jet di sekitar pulau buatan yang diperebutkan ini. Kebijakan ekspansionis ini menimbulkan ancaman langsung bagi negara-negara lain di kawasan.

Jika sekutu AS seperti Malaysia atau Filipina membalas China secara militer sebagai tanggapan, AS akan terpaksa bergabung dalam pertempuran. Ini berarti AS dan China saling bertarung untuk pertama kalinya dalam sejarah.


1. Perang Saudara Venezuela

Dengan orang-orang yang memakan hewan peliharaan untuk makanan, mata uang yang bernilai kurang dari uang monopoli, dan Presiden dalam daftar hitam AS, aman untuk mengatakan bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik di Venezuela.

Namun, mungkin mengejutkan Anda betapa dekatnya revolusi habis-habisan di negara ini. Pada April 2017, presiden Nicolas Maduro dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengkonsolidasikan kekuasaan, melucuti otoritas Kongres dan mengurangi kemampuannya untuk mengendalikan presiden.

Langkah itu jelas merupakan langkah menakutkan menuju kediktatoran dan langsung menimbulkan protes di jalanan. Maduro terpaksa membatalkan keputusan itu hanya beberapa hari kemudian. Protes tidak berhenti, bagaimanapun, dan lebih dari 120 orang tewas sejak konfrontasi dengan penegak hukum di negara Amerika Selatan.

Yang mengejutkan, pada 2017, sebuah kelompok oposisi mencuri helikopter polisi dan menjatuhkan granat ke Mahkamah Agung Venezuela dan meskipun tidak ada yang tewas, pesannya jelas: Maduro harus pergi. Namun, meski pemberontakan rakyat merebut Maduro, itu tidak akan berakhir di situ.

Maduro secara terbuka menyatakan bahwa dia akan mengangkat senjata bersama para loyalisnya dan berjuang untuk tetap berkuasa. Ini hampir menjamin perang saudara berdarah yang kemungkinan besar akan berlangsung bertahun-tahun.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)