Sengitnya Persaingan Jet Siluman AS vs China: Produksi F-35 Turun Jadi 50, J-20 Melonjak 120

Selasa, 25 Juli 2023 - 04:30 WIB
loading...
Sengitnya Persaingan Jet Siluman AS vs China: Produksi F-35 Turun Jadi 50, J-20 Melonjak 120
Produksi jet tempur siluman F-35 turun menjadi 50 unit per tahun, sedangkan produksi jet tempur siluman J-20 China melonjak lebih dari 120 unit per tahun. Foto/The Aviation Geek Club
A A A
WASHINGTON - Lockheed Martin, kontraktor utama dan produsen jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS), bersiap menghadapi pukulan finansial yang signifikan pada tahun 2023. Produksi pesawat itu telah turun menjadi sekitar 50 unit per tahun.

"Cegukan" produksi itu mewakili lebih dari sepertiga dari total output F-35 dan melebihi seluruh pesanan tahunan dari Angkatan Udara AS, yang biasanya berjumlah sekitar 48 unit pesawat.

Awalnya, Lockheed Martin memiliki rencana untuk mengirimkan antara 147 hingga 153 unit F-35 ke semua klien pada tahun 2023. Namun, penerapan upgrade di bawah program Technology Refresh 3 (TR 3) penuh dengan tantangan yang signifikan.



Terlepas dari kemunduran finansial yang diperkirakan antara USD210 juta hingga USD350 juta, Chief Financial Officer (CFO) Lockheed, Jay Malave, tetap menaruh harapan.

Dia, seperti dikutip Bulgarian Military, Senin (24/7/2023), percaya bahwa perusahaan dapat memulihkan sebagian kerugian dengan melampaui target produksi untuk tahun 2024.


Produksi J-20 China Sedang Booming


Berita penurunan drastis produksi F-35 ini muncul di tengah laporan ekspansi cepat China atas produksi pesawat tempur generasi kelimanya sendiri, J-20, yang melebihi 120 pesawat per tahun.

F-35 dan J-20 China adalah satu-satunya dua pesawat tempur dari generasi mereka yang saat ini diproduksi dan dikerahkan di tingkat skuadron.

Kedua pesawat duduk di puncak teknologi penerbangan dengan fitur canggih. Namun, J-20, pesawat tempur bermesin ganda yang lebih besar, lebih cocok untuk misi jarak jauh dan pertempuran udara-ke-udara.

program TR-3 Jet Tempur F-35


Program TR-3 bertujuan untuk meningkatkan tampilan, memori komputer, dan kekuatan pemrosesan F-35.

Ini adalah pendahulu dari standar Block 4 yang lebih ambisius, yang akan meningkatkan kemampuan perang elektronik, pengenalan target, dan daya tembak pesawat tempur.

Upgrade Block 4 akan meningkatkan kapasitas rudal udara-ke-udara internal varian F-35A dan F-35C dari empat menjadi enam rudal. Ini mempersempit kesenjangan dengan J-20, yang dilaporkan dapat membawa hingga delapan rudal di teluk senjatanya yang lebih luas.

Awalnya, F-35 TR-3 pertama dijadwalkan untuk memasuki layanan pada bulan April, tetapi kendala yang tidak terduga telah mendorong tanggal ini kembali ke Desember.

Program F-35 telah mengalami serangkaian kemunduran, menuai kritik dari para pemimpin militer dan sipil. Salah satu masalah yang paling menonjol sejak awal 2022 adalah kinerja mesin F135 yang kurang baik, yang mengakibatkan biaya operasional tambahan miliaran dolar untuk armada Amerika saja dan kemungkinan lebih besar untuk operator internasional karena sebagian besar F-35 dibuat untuk ekspor.

Christopher C. Miller, Menteri Pertahanan terakhir di bawah pemerintahan Donald Trump, menggambarkan F-35 sebagai “monster”.

John McCain, mantan Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat, menyebutnya "contoh buku teks" dari sistem akuisisi pertahanan yang rusak Amerika, dengan menyatakan, "catatan kinerja program F-35 telah menjadi skandal dan tragedi terkait biaya, jadwal, dan kinerja."


Jet Tempur F-35 Banjir Kritik


Serangkaian kritik telah diarahkan pada pesawat tempur F-35 dari berbagai sumber. Kepala penguji senjata Pentagon Michael Gilmore, Kapten Marinir Dan Grazier, lembaga think tank militer seperti NSN dan RAND Corporation, dan organisasi seperti Project on Government Oversight semuanya menyatakan ketidakpuasan yang parah.

Kritik mereka berpusat pada keandalan pesawat yang buruk dan biaya operasional yang tinggi, yang berpotensi membuatnya tidak terjangkau dalam jumlah yang diinginkan.

Operator asing telah menggemakan sentimen ini. Komite Pertahanan Nasional Majelis Nasional Korea Selatan mengungkapkan pada Oktober 2022 bahwa F-35 negara itu telah mengalami 234 cacat dalam 18 bulan dari Januari 2021 hingga Juni 2022. Ini termasuk 172 insiden yang membuat pesawat tidak beroperasi dan 62 kasus di mana misi khusus tidak dapat dilakukan.

Terlepas dari harapan untuk perbaikan, paruh pertama tahun 2022 hanya melihat sedikit perubahan pada angka-angka tersebut.

Terlepas dari masalah ini, AS dan sekutunya menghadapi teka-teki. Ada kekurangan nyata dari pesawat tempur generasi kelima yang kompatibel dengan NATO, membuat mereka memiliki pilihan terbatas.

Pesawat tempur generasi keempat yang lebih tua kemungkinan akan berjuang melawan pesawat canggih seperti J-20, pesawat tempur FC-31 China yang akan datang, dan bahkan jet tempur siluman Su-57 dari Rusia.

Mengandalkan pesawat generasi terakhir bukanlah solusi yang layak, memaksa Amerika dan sekutunya untuk berinvestasi di F-35 dan bekerja tanpa lelah untuk memperbaiki berbagai masalah kinerja dan produksinya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)