Usai Kudeta Wagner, Putin Dilindungi Ribuan Pasukan Elite hingga Jet Tempur

Selasa, 25 Juli 2023 - 00:01 WIB
loading...
Usai Kudeta Wagner, Putin Dilindungi Ribuan Pasukan Elite hingga Jet Tempur
Presiden Rusia Vladimir Putin memperkuat Garda Nasional-nya dengan ribuan pasukan elite untuk melindunginya setelah terjadi kudeta singkat oleh tentara bayaran Wagner Group bulan lalu. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperkuat Garda Nasional-nya dengan ribuan pasukan elite untuk melindunginya setelah terjadi kudeta singkat oleh tentara bayaran Wagner Group bulan lalu. Garda Nasional pelindung presiden juga dilengkapi tank, artileri, dan jet tempur.

Garda Nasional, yang dibentuk oleh Putin pada tahun 2016, memiliki 320.000 personel dan melapor langsung kepadanya daripada melalui Kementerian Pertahanan.

Itu dipimpin oleh mantan pengawal setia Putin, Viktor Zolotov, dan fungsi utamanya termasuk menindak protes anti-pemerintah.

Alexander Khinshtein, anggota Parlemen dari Partai Rusia Bersatu—partai pendukung Putin—mengatakan bahwa Putin secara pribadi telah memerintahkan unit pasukan khusus Kementerian Dalam Negeri; Grom, yang berkekuatan 7.000 personel untuk bergerak di bawah komandonya.



Menurut laporan The Telegraph yang mengutip para analis, perlindungan untuk Putin yang mencakup tank hingga jet tempur dapat digambarkan sebagai "Praetorian Guard" yang disejajarkan dengan pengawal elite kekaisaran Romawi yang setia kepada kaisar.

Laporan itu menambahkan bahwa setelah pemberontakan bersenjata Wagner Group, Putin mengkhawatirkan kesetiaan dinas keamanan dan perwira militernya.

Rusia menyetujui perubahan status Garda Nasional awal pekan ini dan sekarang mereka dipersenjatai dengan peralatan militer untuk menekan kegiatan kelompok bersenjata ilegal.

"Langkah ini merupakan upaya Putin untuk membuktikan kudeta terhadap Kremlin," kata Ben Noble, Associate Professor Politik Rusia di University College London, kepada The Telegraph, yang dilansir Senin (24/7/2023).

"Kremlin kemungkinan mengungkapkan kekhawatirannya tentang kemungkinan tantangan domestik di masa depan terhadap pemerintahannya," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)