5 Poin Penting Visi Putin tentang Afrika seiring Perang Rusia dan Ukraina

Senin, 24 Juli 2023 - 21:30 WIB
loading...
5 Poin Penting Visi Putin tentang Afrika seiring Perang Rusia dan Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu para pemimpin Afrika di St Petersburg, Rusia, 17 Juni 2023. Foto/Evgeniy Biyatov/RIA Novosti
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin membagikan pandangannya tentang bagaimana Rusia dan Afrika harus menyatukan upaya mereka dalam mendorong “perdamaian global, kemajuan, dan masa depan yang sukses”.

Visi itu terungkap dalam artikel yang dirilis menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Rusia-Afrika di St Petersburg.

1. Afrika Punya Tempat Sah dalam Tentukan Nasib Dunia


Presiden Rusia mengatakan hubungan Moskow dengan negara-negara Afrika memiliki "akar yang kuat dan dalam serta selalu dibedakan oleh stabilitas, kepercayaan, dan niat baik."

“Moskow telah secara konsisten mendukung rakyat Afrika dalam perjuangan mereka untuk pembebasan dari penindasan kolonial dan memberikan bantuan dalam mengembangkan kenegaraan, memperkuat kedaulatan dan kemampuan pertahanan mereka,” tulis Putin.

“Kami yakin tatanan dunia multipolar baru, yang konturnya sudah terlihat, akan lebih adil dan demokratis.”

2. Barat Hambat Pasokan Makanan dan Pupuk Rusia ke Afrika


Di bawah kesepakatan biji-bijian Laut Hitam, tidak hanya janji-janji untuk membebaskan ekspor biji-bijian Rusia dari sanksi yang tak terpenuhi, negara-negara Eropa bahkan memblokir upaya Rusia mengirim pupuk ke negara-negara Afrika secara gratis.

Menurut Putin, lebih dari 200.000 ton pupuk “masih dipegang secara tidak hati-hati oleh orang Eropa.”

3. Moskow Dapat Gantikan Biji-bijian Ukraina


Lebih dari 70% ekspor Ukraina berakhir di negara-negara berpenghasilan tinggi, sementara negara-negara termiskin menerima kurang dari 3% biji-bijian Ukraina, menurut Putin.

“Terlepas dari tekanan Barat, Moskow akan terus memasok biji-bijian, produk makanan, pupuk, dan barang-barang lainnya ke Afrika, baik secara komersial maupun gratis, terutama karena kami mengharapkan rekor panen lainnya tahun ini,” ungkap Putin.

Pada tahun 2022 saja, Rusia mengekspor 11,5 juta ton biji-bijian ke Afrika, dan hampir 10 juta ton lainnya dikirimkan pada paruh pertama tahun 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)