Angkatan Udara Ukraina Ungkap Mengapa Mereka Takut pada Su-35 Rusia

Minggu, 23 Juli 2023 - 00:01 WIB
loading...
Angkatan Udara Ukraina Ungkap Mengapa Mereka Takut pada Su-35 Rusia
Jet tempur supermanuver multiperan Su-35 tampil di pertunjukan udara MAKS di luar Moskow, Rusia. Foto/Sputnik/Evgeny Odinokov
A A A
MOSKOW - Jet tempur multi-peran Su-35 Rusia menimbulkan ancaman utama bagi militer Ukraina di tengah konflik saat ini. Pengakuan itu diungkap juru bicara Komando Angkatan Udara Ukraina Yury Ignat.

“Mereka memiliki Su-35. Itu salah satu pesawat terbaik,” ujar Yury Ignat dalam wawancara dengan RBK-Ukraina pada Jumat (21/7/2023) ketika ditanya apakah Moskow memiliki pesawat tempur yang sebanding dengan jet F-16 rancangan Amerika Serikat (AS) yang diharapkan akan diterima Kiev dari pendukung Baratnya.

“Pesawat utama yang menjadi ancaman bagi kami adalah Su-35. Ini harus diakui,” tegas dia.

“Jet tempur yang dibuat perusahaan Sukhoi Rusia adalah teknologi dan memiliki persenjataan yang serius, termasuk roket R-37, yang menawarkan jangkauan yang lebih besar daripada rudal udara-ke-udara AIM-120 AMRAAM Amerika,” ungkap juru bicara itu.

“Keunggulan utama jet Rusia adalah radarnya… sistem navigasi dan bidikan yang dapat… menemani dan menembaki beberapa target udara sekaligus,” papar Ignat.

Su-35 juga memiliki alat pelindung dan peralatan perang elektronik, tetapi masih bisa ditembak jatuh, menurut dia.

“Kita harus memahami bahwa itu adalah musuh yang serius, tetapi F-16 juga bukan lawan yang mudah, yang juga mengalami modernisasi yang sama,” papar juru bicara itu.



Su-35, yang diperkenalkan ke militer Rusia pada pertengahan 2010-an, adalah pesawat tempur superioritas udara supermanuver generasi 4++ yang dapat mencapai target di udara dan di darat.

F-16 adalah pesawat tempur multi-peran generasi keempat yang telah ada sejak tahun 1970-an dan mengalami sejumlah peningkatan selama bertahun-tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)