5 Jebakan Tentara Rusia yang Sangat Mematikan bagi Prajurit Ukraina

Sabtu, 22 Juli 2023 - 22:14 WIB
loading...
5 Jebakan Tentara Rusia yang Sangat Mematikan bagi Prajurit Ukraina
Tentara Rusia memasang berbagai jebakan mematikan bagi prajurit Ukraina. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Perang Ukraina melawan Rusia bukan hanya berkaitan dengan serangan misil dan drone. Tapi, di garda depan, pasukan Rusia juga membangun banyak jebakan yang sangat mematikan bagi tentara Ukraina.

Berbagai jebakan itu mampu memperlambat serangan balasan Ukraina kepada Rusia. Itu juga menyebabkan ribuan tentara Ukraina tumbang sia-sia di medan perang.

Berikut adalah 5 jebakan mematikan yang dibuat tentara Rusia untuk prajurit Ukraina.

1. Parit Berisi Ranjau Darat

5 Jebakan Tentara Rusia yang Sangat Mematikan bagi Prajurit Ukraina

Foto/Reuters

Pasukan Rusia membangun jaringan parit yang luas dan kompleks serta penghalang medan perang lainnya, seperti penghalang anti-tank dan ladang ranjau, menjelang serangan balasan Ukraina.

Dan sementara banyak parit adalah posisi tempur Rusia yang sebenarnya, yang lain adalah jebakan.

"Militer Rusia terus beradaptasi," kata Michael Kofman, pakar Rusia terkemuka di Pusat Analisis Angkatan Laut, mengatakan dalam diskusi podcast War on the Rocks.

"Mereka membangun parit palsu. Mereka memiliki parit ranjau," kata Kofman, menjelaskan bahwa mereka berusaha untuk "memikat pasukan Ukraina ke dalam parit yang telah ditambang" dengan ranjau yang diaktifkan dari jarak jauh "dan kemudian meledakkan ranjau tersebut."

"Begitu pasukan melompat ke dalamnya, mereka memiliki bagian parit yang sengaja dikosongkan," katanya dilansir Insider. Dia mencirikannya sebagai upaya "untuk memasukkan orang Ukraina ke parit itu, untuk kemudian meledakkannya."

Membersihkan parit adalah tugas medan perang yang sulit yang membutuhkan koordinasi pasukan artileri dan manuver.

Sebuah video baru-baru ini yang dirilis oleh pasukan khusus Ukraina menunjukkan operasi pembersihan parit di mana Rusia tertangkap basah dan dikalahkan oleh Ukraina menggunakan taktik yang dieksekusi dengan baik, tetapi tidak setiap pertempuran dijamin akan berjalan sesuai keinginan mereka.

Kemungkinan bahwa parit infanteri Ukraina sedang menyerbu mungkin merupakan jebakan peledak membuat segalanya menjadi jauh lebih sulit.

Kofman mengatakan bahwa jenis adaptasi yang terjadi di militer Rusia melampaui pertahanan rutin.


2. Memasang Ranjau Anti-Tank

5 Jebakan Tentara Rusia yang Sangat Mematikan bagi Prajurit Ukraina

Foto/Reuters

Rusia juga melakukan hal-hal rumit seperti menumpuk ranjau anti-tank untuk menghancurkan kendaraan pembersih ranjau yang mampu menahan kekuatan ledakan yang dihasilkan oleh satu atau dua ranjau tetapi tidak harus lebih dari itu.

"Rusia menggandakan, melipatgandakannya," kata Kofman tentang ranjau anti-tank. Pendekatan Rusia menempatkan "target bernilai tinggi" Ukraina tidak mampu kehilangan risiko, mengancam kelangsungan hidup mereka.

Dalam hal ranjau darat, orang lain di Ukraina telah mengamati beberapa trik serupa yang dilakukan oleh Rusia.

Ryan Hendrickson, mantan Insinyur Pasukan Khusus Angkatan Darat AS yang membersihkan bahan peledak improvisasi di Afghanistan dan sekarang bekerja sebagai sukarelawan memindahkan ranjau di Ukraina, berbicara dengan Televisi Toronto Ukraina minggu ini tentang beberapa skema yang dia dan timnya temui.

Hendrickson mengatakan mereka telah menemukan ladang ranjau yang sangat kompleks di mana ranjau anti-tank dilindungi oleh ranjau anti-personil dan bahan peledak lainnya yang dikelilingi oleh jebakan.

Tujuan dari penyiapan seperti ini adalah untuk melukai atau membunuh siapa pun yang terlibat dalam proses pembersihan ranjau.

Tetapi ketika datang ke serangan balik Ukraina, ranjau darat Rusia – yang selain membunuh pasukan secara langsung juga memperlambat pasukan yang maju dan membuat mereka terkena artileri, rudal, dan serangan udara musuh – hanyalah sebagian dari masalah.

3. Mengordinasikan Pasukan Reguler dan Spetsnaz

5 Jebakan Tentara Rusia yang Sangat Mematikan bagi Prajurit Ukraina

Foto/Reuters

"Menghalangi terobosan Ukraina, militer Rusia memiliki pasukan reguler, unit senapan motor, unit Spetsnaz, dan seterusnya," kata Kofman . Mereka memiliki banyak artileri, dan "kubu pertahanan Rusia termasuk ladang ranjau yang sangat padat, [ranjau] anti-tank dan anti-personil yang berlapis satu sama lain."


4. Membangun Benteng dan Bunker yang Sangat Kokoh

5 Jebakan Tentara Rusia yang Sangat Mematikan bagi Prajurit Ukraina

Foto/Reuters

Rusia juga memiliki banyak persenjataan anti-tank yang dikerahkan di garis depan, serta drone, khususnya drone Lancet satu arah, dan amunisi yang berkeliaran. Mereka juga memiliki helikopter serang yang telah merusak serangan Ukraina.

“Dan mereka telah menggali secara ekstensif dalam hal penyemenan benteng, memiliki bunker, memiliki terowongan di beberapa bagian jalur utama,” kata Kofman, menunjukkan pertahanan yang tangguh ini telah dibuat selama berbulan-bulan.

5. Sangat Pandai Beradaptasi

5 Jebakan Tentara Rusia yang Sangat Mematikan bagi Prajurit Ukraina

Foto/Reuters

Dan tantangan utama bagi Ukraina saat mereka berhadapan dengan pertahanan ini adalah kurangnya jenis persenjataan yang paling mereka butuhkan, serta ketidakmampuan mereka untuk melakukan operasi senjata gabungan dalam skala besar.

Franz-Stefan Gady, seorang ahli dari Center for New American Security yang juga baru-baru ini mengunjungi Ukraina untuk penelitian, mengatakan bahwa dalam situasi ini, "tanpa runtuhnya pertahanan Rusia secara tiba-tiba", dia menduga bahwa "ini akan tetap menjadi pertarungan gesekan berdarah dengan unit cadangan yang diberi makan secara bertahap."

"Saya pikir ofensif ini," kata Kofman dalam diskusi podcast tentang perkembangan yang sedang berlangsung di Ukraina dan dorongan untuk menyerang garis Rusia, "kemungkinan akan berlangsung tidak hanya selama berminggu-minggu, tetapi berbulan-bulan."

“Saya pikir itu akan melihat fase gesekan yang luas ini dengan pertempuran sengit dengan keuntungan tambahan oleh pasukan Ukraina, dan itu akan membutuhkan banyak amunisi dan adaptasi artileri,” lanjutnya, menambahkan “sangat sulit untuk melakukan serangan seperti ini terhadap pertahanan yang dipersiapkan dengan baik.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)