Terinspirasi Kehebatan HIMARS, Negara Eropa Kembangkan Sistem Peluncur Misil

Sabtu, 22 Juli 2023 - 20:45 WIB
loading...
Terinspirasi Kehebatan HIMARS, Negara Eropa Kembangkan Sistem Peluncur Misil
HIMARS menjadi inspirasi negara-negara Eropa kembangkan sistem misil yang lebih canggih. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Terkesan dengan kesuksesan peluncur roket ganda M142 HIMARS buatan Amerika Serikat (AS) di Ukraina, banyak negara Eropa ingin membeli HIMARS atau mengembangkan versi mereka sendiri.

Kontraktor pertahanan Jerman Rheinmetall dan perusahaan pertahanan AS Lockheed Martin telah bermitra untuk menawarkan GMARS, pengganti sistem peluncuran roket ganda MARS 2 Jerman yang sudah tua. Demikian dilaporkan Defense News.

Akronim "GMARS" tampaknya mencerminkan HIMARS sebanyak MARS 2, yang beberapa di antaranya telah dikirimkan Jerman ke Ukraina. MARS 2 adalah versi Eropa dari sistem peluncuran roket ganda M270 buatan AS.



"GMARS akan mirip dengan HIMARS tetapi lebih besar, dengan sasis yang lebih besar berdasarkan truk HX 8x8 Rheinmetall, dan akan memiliki kesamaan 80% dengan amunisi dan logistik HIMARS," kata seorang pejabat Lockheed Martin kepada Defense News. Kendaraan GMARS akan memiliki panjang sekitar 39 kaki dibandingkan truk HIMARS yang panjangnya 23 kaki dan membawa dua buah roket, bukan HIMARS.

Terinspirasi Kehebatan HIMARS, Negara Eropa Kembangkan Sistem Peluncur Misil

Foto/Reuters

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan 18 HIMARS untuk Polandia senilai USD10 miliar pada bulan Februari. Secara signifikan, penjualan tersebut mencakup 45 Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat M57 — roket berpemandu jarak jauh yang telah berulang kali diminta Ukraina tetapi AS menolak untuk menyediakannya karena takut akan meningkatnya konflik.



"HIMARS akan membantu Polandia "mencegah ancaman regional," kata Departemen Luar Negeri AS. "Usulan penjualan peralatan dan dukungan ini tidak akan mengubah keseimbangan dasar militer di wilayah tersebut."

Apa kehebatan HIMARS? HIMARS memiliki jangkauan sekitar 50 mil. Proyektil ATACMS dapat menjangkau hingga 190 mil dan dapat ditembakkan dari peluncur HIMARS, meskipun fitur tersebut dilaporkan telah dinonaktifkan dalam sistem HIMARS yang dipasok ke Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)