9 Fakta Mengejutkan tentang Perceraian di Dunia

Sabtu, 22 Juli 2023 - 21:19 WIB
loading...
9 Fakta Mengejutkan tentang Perceraian di Dunia
Perceraian sangat tidak diharapkan semua pasangan yang ingin bahagia. Foto/The Oprah Magazine
A A A
JAKARTA - Tak ada yang menginginkan perceraian . Tapi, ketika perpisahan adalah suatu jalan terbaik, maka perceraian adalah solusinya. Banyak negara di dunia menyimpan fakta tentang perceraian.

Perceraian bukan hanya menyangkut tentang isu hukum semata, tetapi juga berkaitan dengan tradisi dan religi. Selain itu, perceraian juga berkaitan dengan faktor psikologis yang dipengaruhi budaya dan sosial masyarakat.

Berikut adalah 9 fakta tentang perceraian yang mengejutkan di dunia.

1. Amerika Serikat Memiliki Tingkat Perceraian Tertinggi ke-10 di Seluruh Dunia

9 Fakta Mengejutkan tentang Perceraian di Dunia

Foto/The Oprah Magazine

Jika menurut Anda tingkat perceraian di AS termasuk yang tertinggi di dunia, Anda benar. Amerika Serikat menempati urutan ke-10, dengan tingkat perceraian 53%. Luksemburg adalah yang pertama, dengan tingkat perceraian 87%.


2. India Memiliki Tingkat Perceraian Terendah di Dunia

Melansir worthy, hanya satu persen pernikahan di India yang berakhir dengan perceraian. Perceraian bahkan tidak diakui sebelum Undang-Undang Perkawinan Hindu tahun 1955; dewasa ini, baik pria maupun wanita dapat meminta cerai – tetapi itu tidak berarti bahwa hakim akan mengabulkan permintaan pemohon.

3. Wanita Aborigin Australia Dapat Mencerai Seketika

9 Fakta Mengejutkan tentang Perceraian di Dunia

Foto/The Oprah Magazine

Di sebagian besar negara dan budaya, tidak mungkin menikah dengan pasangan kedua ketika salah satunya sudah menikah. Namun, dalam budaya tradisional Aborigin Australia, seorang wanita yang ingin bercerai dapat langsung mengakhiri pernikahannya yang sudah ada dengan mengatakan "Saya bersedia" kepada pria lain.

Sebagai alternatif, dia mungkin hanya meminta suaminya untuk setuju bercerai. Jika dia mengatakan "ya", pernikahan itu berakhir.


4. Hanya Muslim yang Boleh Bercerai di Filipina

Sementara di sebagian besar negara perceraian sangat umum sehingga ada undang-undang tentang bagaimana melanjutkannya, Kepulauan Filipina berdiri sendiri tanpa ketentuan perceraian yang sah. Ini adalah satu-satunya negara anggota PBB yang tidak memiliki ketentuan hukum untuk perceraian di dalam negeri.

Pembatalan diperbolehkan dalam keadaan tertentu. Ada pengecualian bagi orang Islam, yang boleh bercerai menurut aturan agama.

Jika Anda penasaran, warga negara Filipina yang menikah di Filipina dan kemudian bercerai di luar negeri tidak dianggap bercerai secara resmi di Filipina, meskipun perceraian tersebut diakui di tempat lain. Pada bulan Maret 2018, undang-undang yang mengizinkan perceraian disahkan, yang berarti undang-undang perceraian Filipina lama akan segera usang.

5. Di Jepang, Undang-undang Perceraian Tertentu Berbeda bagi Wanita Dibandingkan Pria

9 Fakta Mengejutkan tentang Perceraian di Dunia

Foto/The Oprah Magazine

Perceraian di Jepang adalah urusan yang sederhana dan langsung; kebanyakan pasangan yang bercerai di Jepang bahkan tidak pernah harus pergi ke pengadilan. Prosedur perceraian melibatkan penandatanganan, penyegelan, dan pengisian formulir sederhana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)