10 Fakta Unik PM Belanda Mark Rutte, Suka Ponsel Jadul dan Film Tahun 1970-an

Sabtu, 08 Juli 2023 - 20:10 WIB
loading...
10 Fakta Unik PM Belanda Mark Rutte, Suka Ponsel Jadul dan Film Tahun 1970-an
PM Belanda Mark Rutte memiliki kehidupan yang unik dan menarik. Foto/Reuters
A A A
AMSTERDAM - Mark Rutte menjadi perdana menteri (PM) Belanda terlama. Pemimpin yang dikenal oleh beberapa orang sebagai "Teflon Mark" karena tidak skandal yang melekat padanya memilih membubarkan pemerintahannya.

Rutte menjabat sejak pertama kali pada Oktober 2010. “Ini adalah pekerjaan terbesar di dunia, suatu kehormatan yang luar biasa. Saya harus mengatakan bahwa sekarang ada banyak teka-teki di meja saya, tetapi hal-hal ini terjadi,” kata Rutte.

Rutte, pemimpin Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi, atau VVD, dan kepala koalisi empat partai yang berkuasa, mengatakan dia tidak memiliki rencana untuk merayakan menjadi perdana menteri terlama.

"Perpecahan dalam perpolitikan Belanda membantu Rutte naik ke tampuk kekuasaan dan merupakan bagian dari alasan dia tetap menjabat begitu lama - dia sekarang memimpin pemerintahan koalisi keempatnya," kata pakar politik André Krouwel dari Vrije Universiteit di Amsterdam.



Krouwel mengatakan Rutte memenangkan perebutan kekuasaan di dalam partainya sendiri pada saat kekuatan tradisional dalam politik Belanda—Demokrat Kristen dan Demokrat Sosial—mundur dan tetap seperti itu. “Pada dasarnya dia menjadi perdana menteri karena kegagalan orang lain bukan karena prestasinya sendiri – hanya karena yang lain lebih banyak runtuh daripada VVD,” kata Krouwel.

Bukan hal serius tanteng Rutte yang akan dibahas. Tapi, Majalah wanita Margriet mengungkapkan beberapa hal yang unik tentang Mark Rutte.

Berikut adalah 10 fakta unik tentang PM Belanda Mark Rutte.

1. Dikenal Pemarah

10 Fakta Unik PM Belanda Mark Rutte, Suka Ponsel Jadul dan Film Tahun 1970-an

Foto/Reuters

Mark Rutte adalah salah satu dari tujuh bersaudara. Kakak tertuanya (tiri) 35 tahun lebih tua darinya. Dia dikenal mudah tersinggung dan, rumor mengatakan, dia masih memiliki sedikit pemarah.

Hal ini dibantah – dengan tenang – oleh perdana menteri yang mengatakan dia hanya 'membanting pintu dua kali setahun dan kemudian menjulurkan kepalanya untuk meminta maaf'.

2. Tidak Memiliki Lapisan Teflon

Mark Rutte tidak memiliki 'lapisan teflon' yang memungkinkan dia untuk mengabaikannya. Dia tidak peduli apa yang dilontarkan oleh lawan politiknya. Rutte mengatakan dia sama sensitifnya dengan orang lainnya.


3. Jomblo Sejati

Mark Rutte adalah 'lajang yang bahagia'.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)