3 Alasan Ukraina Sangat Bangga Bisa Menghancurkan Jembatan Crimea

Sabtu, 22 Juli 2023 - 20:05 WIB
loading...
3 Alasan Ukraina Sangat Bangga Bisa Menghancurkan Jembatan Crimea
Kehancuran Jembatan Crimea menjadi kebanggaan bagi Ukraina. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa jembatan yang menghubungkan semenanjung Krimea ke Rusia "membawa perang bukan perdamaian" dan karenanya menjadi target militer.

Ledakan di jembatan Crimea pada hari Senin menewaskan dua warga sipil dan membuat sebagian dari jembatan jalan tidak berfungsi, yang baru saja kembali beroperasi penuh setelah rusak parah dalam serangan serupa pada bulan Oktober.

Ukraina menyambut baik serangan hari Senin, tetapi para pejabat tidak secara langsung mengklaim bertanggung jawab, dan Moskow menyalahkan Ukraina. Crimea dianeksasi oleh Rusia dari Ukraina pada tahun 2014 dan Kyiv ingin merebutnya kembali karena melawan invasi skala penuh Rusia selama 17 bulan.

Berikut adalah 3 alasan kenapa Ukraina bangga bisa menghancurkan jembatan Crimea.

1. Bukan Hanya Jalur Logistik

3 Alasan Ukraina Sangat Bangga Bisa Menghancurkan Jembatan Crimea

Foto/Reuters

Jembatan jalan dan rel, yang dibangun oleh Rusia dan dioperasikan pada tahun 2018 "bukan hanya jalan logistik", kata Zelenskiy, berbicara melalui tautan video ke konferensi keamanan Aspen di Amerika Serikat.

"Ini adalah rute yang digunakan untuk memberi makan perang dengan amunisi dan ini dilakukan setiap hari. Dan itu memiliterisasi semenanjung Krimea," kata Zelenskiy dalam komentar yang didengar melalui seorang penerjemah.

"Bagi kami, ini adalah fasilitas musuh yang dibangun di luar hukum internasional dan semua norma yang berlaku. Jadi, dapat dipahami, ini adalah target kami. Dan target yang membawa perang, bukan perdamaian, harus dinetralkan."


2. Balasan atas Penolakan Rusia terhadap Ekspor Biji-Bijian

3 Alasan Ukraina Sangat Bangga Bisa Menghancurkan Jembatan Crimea

Foto/Reuters

Zelenskiy, menjawab pertanyaan dari moderator, membantah adanya hubungan antara serangan itu dan penarikan Rusia minggu ini dari kesepakatan yang didukung PBB untuk mengekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina.

Rusia, katanya, telah menghalangi pengoperasian koridor biji-bijian sejak awal.

"Dan kemudian, mereka mengambil situasi ini di sekitar jembatan Crimea, menggunakannya hanya sebagai contoh," katanya. "Jika bukan jembatan Crimea, mereka akan menemukan contoh lain, alasan lain."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)