10 Negara Teratas Harapan Hidup Terpanjang, Tetangga Indonesia Masuk

Sabtu, 22 Juli 2023 - 05:19 WIB
loading...
10 Negara Teratas Harapan Hidup Terpanjang, Tetangga Indonesia Masuk
Singapura menjadi negara dengan harapan hidup yang terpanjang. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Harapan hidup rata-rata global di semua negara adalah 72,6 tahun. Dan sementara sebagian besar dari orang mungkin setuju bahwa itu tidak cukup lama, hidup sampai usia tujuh puluhan jarang terjadi 75 tahun yang lalu.

Harapan hidup global pada tahun 1950 hanya 48 tahun, jadi manusia sudah jauh. Pada tahun 2050, sebagian besar dunia dapat melihat rentang hidup rata-rata mencapai 80-an.

Tetapi negara mana di dunia yang memiliki rentang hidup tertinggi saat ini?

Berikut adalah 10 negara teratas ini dengan harapan hidup terpanjang pada tahun 2023. Bagaimana penduduk negara tersebut bisa hidup lebih lama daripada negara lain di Bumi.

1. Monako (87,01 Tahun)

10 Negara Teratas Harapan Hidup Terpanjang, Tetangga Indonesia Masuk

Foto/Reuters

Kerajaan Monako adalah kota berdaulat independen di Eropa Barat di French Riviera. Monako sering dianggap sebagai salah satu daerah terkaya dan termahal di dunia, dengan lebih dari 30% populasi dianggap jutawan.

Monako memiliki harapan hidup tertinggi di dunia, dengan rata-rata orang hidup 87,01 tahun. Penduduk memperoleh umur panjang dengan memiliki tingkat pendapatan sekali pakai yang tinggi, perawatan kesehatan yang sangat baik yang didanai negara, dan salah satu pola makan paling sehat di planet ini, terdiri dari masakan Mediterania.


2. Hong Kong (85,83 Tahun)

10 Negara Teratas Harapan Hidup Terpanjang, Tetangga Indonesia Masuk

Foto/Reuters

Hong Kong adalah wilayah administrasi khusus Tiongkok dan wilayah yang sangat maju. Ini memiliki 7,4 juta penduduk dalam wilayah 426 mil persegi, menjadikannya salah satu daerah terpadat di dunia.

Hong Kong memiliki harapan hidup tertinggi kedua, dengan penduduknya hidup rata-rata 85,83 tahun. Wilayah ini mempromosikan gaya hidup sehat, dengan akses mudah ke makanan sehat dan fasilitas umum lainnya. Hong Kong juga memiliki jalanan yang aman dan tingkat kejahatan yang sangat rendah.


3. Makau (85,51 Tahun)

10 Negara Teratas Harapan Hidup Terpanjang, Tetangga Indonesia Masuk

Foto/Reuters

Makau adalah wilayah administratif khusus lainnya di China. Wilayah ini berada di tepi Laut Cina Selatan dan merupakan wilayah terpadat di Bumi, dengan populasi 680.000 dalam 12 mil persegi. Makau memiliki rentang hidup terpanjang ketiga.

Terlepas dari kepadatannya, penduduk hidup lama dan damai karena perawatan medis gratis untuk manula, keadaan hidup yang stabil, dan sangat sedikit bencana alam.

4. Jepang (84,95 Tahun)

Negara pulau ini terletak di Asia Timur di Samudra Pasifik Barat Laut. Jepang juga memiliki populasi yang sangat padat, dengan Tokyo menjadi metropolitan terpadat di dunia. Meski Jepang mengalami penurunan populasi, Jepang masih memiliki salah satu harapan hidup terpanjang di dunia.

Orang-orang di Jepang hidup rata-rata 84,95 tahun karena tingkat obesitas yang rendah, konsumsi daging merah yang rendah, dan konsumsi ikan dan makanan nabati yang tinggi.

5. Liechtenstein (84,77 Tahun)

Kerajaan Liechtenstein adalah negara yang terkurung daratan dan negara mikro di Eropa. Itu terletak di Pegunungan Alpen dan berbatasan dengan Swiss dan Austria. Negara Eropa ini hanya seluas 62 mil persegi, namun terlepas dari ukurannya, ia memiliki ekonomi dan sektor keuangan yang kuat.

Dan penduduknya menikmati umur panjang, dengan rata-rata orang hidup 84,77 tahun. Negara ini menyumbangkan harapan hidupnya yang panjang untuk kemajuan teknologi, standar hidup yang sangat baik, dan peningkatan ketersediaan layanan kesehatan.

6. Swiss (84,38 Tahun)

Konfederasi Swiss adalah negara Eropa yang terkurung daratan lainnya. Di sebelah timur berbatasan dengan Liechtenstein dan Austria, di sebelah barat berbatasan dengan Prancis, di selatan berbatasan dengan Italia, dan di utara berbatasan dengan Jerman. Swiss dikenal sebagai negara damai di seluruh dunia dan menampilkan salah satu harapan hidup terpanjang.

Dan meski memiliki biaya hidup yang tinggi, Swiss sering menempati peringkat tertinggi dalam kualitas hidup. Penduduk Swiss memiliki rasa kebersamaan yang kuat dan keseimbangan kehidupan kerja yang baik. Mereka juga sangat aktif dan berjalan kemana-mana, yang membuat mereka tetap langsing dan sehat. Dan sistem perawatan kesehatan Swiss adalah salah satu yang terbaik di dunia.

7. Singapura (84,27 Tahun)

10 Negara Teratas Harapan Hidup Terpanjang, Tetangga Indonesia Masuk

Foto/Reuters

Terletak di Asia Tenggara, Singapura adalah negara pulau dan negara kota di ujung selatan Semenanjung Melayu. Wilayahnya menampilkan pulau utama dan 63 pulau dan pulau kecil.

Singapura memiliki kepadatan populasi tertinggi ketiga, dengan 5,6 juta orang dalam 20.000 mil persegi. Negara maju ini telah mengalami pertumbuhan luar biasa dalam harapan hidup selama beberapa dekade.

Negara ini memiliki populasi lansia yang sangat besar, tetapi Singapura dikenal dengan perlakuan yang sangat baik terhadap populasi lansia. Pemerintah juga memiliki komitmen yang tak tergoyahkan untuk perawatan kesehatan dan manajemen penyakit kronis. Kemajuan mereka dalam ilmu kedokteran dan akses ke perawatan kesehatan yang baik, apakah kaya atau miskin, adalah salah satu alasan paling signifikan untuk umur panjang penghuninya.

8. Italia (84,20 Tahun)

Republik Italia adalah sebuah negara di Eropa Selatan dan Barat. Ini adalah semenanjung yang menjorok ke tengah Laut Mediterania dan menampilkan beberapa pulau. Italia adalah negara terpadat keenam di Eropa, dengan 60 juta orang di 116.000 mil persegi. Mirip dengan Monako, orang Italia mengonsumsi makanan Mediterania yang sehat, terdiri dari ikan segar, sayuran, minyak zaitun, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Pola makan sehat dan tingkat obesitas rendah adalah faktor utama yang berkontribusi pada umur panjang mereka. Cuaca yang indah juga menciptakan surga luar ruangan, tempat banyak orang menghabiskan waktu berjalan-jalan di sekitar pusat kota, yang juga berkontribusi pada gaya hidup sehat secara keseluruhan.

9. Kota Vatikan (84,16 Tahun)

Terletak di Roma, Italia, Kota Vatikan adalah negara merdeka, kantong, dan negara kota. Sementara di dalam Italia, itu adalah wilayah yang berbeda dengan kepemilikan penuh. Ini adalah wilayah terkecil di dunia, dengan hanya 121 hektar dan populasi hanya sedikit lebih dari 450 orang.

Meskipun populasinya kecil, penduduk Kota Vatikan hidup rata-rata hingga 84,16 tahun. Karena lokasinya, mereka cenderung tetap aktif dan menikmati pola makan sehat, seperti tetangga Italia mereka.

10. Korea Selatan (84,14 Tahun)

10 Negara Teratas Harapan Hidup Terpanjang, Tetangga Indonesia Masuk

Foto/Reuters

Republik Korea, atau Korea Selatan, adalah sebuah negara di Asia Timur di bagian selatan Semenanjung Korea. Negara ini berpenduduk hampir 52 juta orang, dengan setengah dari populasinya tinggal di Area Ibukota Seoul. Seoul adalah metropolitan terpadat keempat di dunia.

Korea Selatan juga merupakan negara kesepuluh dengan harapan hidup terpanjang, dengan penduduk hidup rata-rata 84,14 tahun. Umur panjang mereka dapat dikaitkan dengan penurunan angka kematian bayi, perbaikan ekonomi, peningkatan gizi, akses yang baik ke perawatan kesehatan, dan teknologi medis yanglebihbaik.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)