Afrika Selatan: Lebih dari 40 Negara Tertarik Gabung BRICS

Kamis, 20 Juli 2023 - 22:30 WIB
loading...
Afrika Selatan: Lebih dari 40 Negara Tertarik Gabung BRICS
Afrika Selatan sebut lebih dari 40 negara tertarik untuk bergabung dengan BRICS. Foto/REUTERS
A A A
JOHANNESBURG - Pemerintah Afrika Selatan pada Kamis (20/7/2023) mengatakan lebih dari 40 negara telah menyatakan minatnya untuk bergabung dengan BRICS , blok lima negara yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan.

Hal itu disampaikan Anil Sooklal, diplomat Afrika Selatan yang bertanggung jawab untuk hubungan blok tersebut, kepada wartawan di kota komersial utama Johannesburg. Kendati demikian, dia tidak merinci puluhan negara yang tertarik tersebut.

Komentarnya muncul sehari setelah negara Afrika itu mengonfirmasi bahwa Presiden Vladamir Putin tidak akan menghadiri KTT BRICS yang akan berlangsung pada 22-24 Agustus.

Pertanyaan tentang seberapa jauh dan cepat untuk mengembangkan BRICS akan menjadi agenda utama di KTT. Blok itu berusaha untuk mengimbangi hegemoni Barat yang dipimpin AS atas urusan global.



Selain dari 22 negara yang secara resmi meminta untuk bergabung, Sooklal mengatakan; "Jumlah negara yang sama yang secara informal menyatakan minat untuk menjadi anggota BRICS...(termasuk) semua negara utama dunia selatan."

Para pejabat Afrika Selatan ingin BRICS menjadi juara dunia berkembang, dan Argentina, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuba, Republik Demokratik Kongo, Komoro, Gabon, dan Kazakhstan semuanya telah menyatakan minatnya.

Afrika Selatan menghadapi dilema dalam menjadi tuan rumah KTT tersebut. Sebagai anggota Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), yang mengeluarkan surat perintah terhadap Putin pada bulan Maret, akan diwajibkan untuk menangkap presiden Rusia jika dia menghadiri tuduhan kejahatan perang oleh Rusia selama invasi ke Ukraina, tuduhan yang dibantah oleh Putin.

Tetapi pada hari Rabu tuan rumah mengkonfirmasi bahwa Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan hadir menggantikan presidennya.

Afrika Selatan mendapat kecaman dari negara-negara Barat atas apa yang mereka lihat sebagai sikap yang terlalu ramah terhadap Rusia, sekutu lama Kongres Nasional Afrika (ANC)—partai yang berkuasa yang merupakan gerakan pembebasan melawan kekuasaan minoritas kulit putih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)