Kedubes Swedia Dibakar Jelang Aksi Baru Pembakaran Al-Qur'an

Kamis, 20 Juli 2023 - 10:26 WIB
loading...
Kedubes Swedia Dibakar Jelang Aksi Baru Pembakaran Al-Quran
Demonstran menyerbu Kedutaan Besar (Kedubes) Swedia di Irak dan membakar gedung tersebut. Foto/twitter
A A A
BAGHDAD - Kerumunan besar demonstran menyerbu Kedutaan Besar (Kedubes) Swedia di Irak dan membakar gedung tersebut.

Aksi tersebut sebagai protes terhadap pemberian izin resmi oleh pemerintah Swedia pada rencana pembakaran Al-Qur’an, yang direncanakan di luar Kedubes Irak di Stockholm.

“Ratusan orang berbondong-bondong ke misi diplomatik pada dini hari Kamis pagi (20/7/2023), setelah ulama Syiah berpengaruh Muqtada al-Sadr meminta para pendukungnya berdemonstrasi,” ungkap laporan Reuters.



Cuplikan dari tempat kejadian telah beredar online, dengan satu klip menunjukkan saat para demonstran menyerbu kedutaan.

Api dan asap dapat dilihat di video lain, dengan gumpalan hitam mengepul dari jendela kedutaan saat pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan.

Sumber yang dikutip Reuters mengatakan tidak ada staf kedutaan yang terluka selama protes tersebut, tetapi tidak memberikan rincian lainnya.



Demonstrasi dilaporkan didorong oleh persetujuan pemerintah Swedia untuk pertunjukan pembakaran Al-Qur’an yang akan digelar di depan Kedutaan Besar Irak di Stockholm pada Kamis.

Aksi serupa dilakukan bulan lalu di lokasi yang sama, memicu protes panas di Bagdad yang juga menyaksikan massa yang marah menyerbu Kedutaan Besar Swedia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)