Anaknya Ditahan Korut, Ini Curhat Ibu Tentara AS

Rabu, 19 Juli 2023 - 16:21 WIB
loading...
A A A
Mengutip sumber militer, media Korsel melaporkan, pria itu bersama sekelompok pengunjung, termasuk warga sipil, ke desa gencatan senjata Panmunjom ketika dia tiba-tiba melesat melewati garis bata yang menandai perbatasan.

Dua pejabat AS, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan prajurit itu akan menghadapi hukuman indisipliner oleh militer AS.

Namun, para pejabat itu juga mengatakan kepada Reuters tidak jelas mengapa tentara itu melarikan diri ke Korut.

"Dia telah selesai menjalani hukuman di Korea Selatan karena melanggar aturan yang tidak ditentukan dan kembali ke unit asalnya di AS," kata dua pejabat.

Seorang pejabat mengatakan prajurit itu tidak berada dalam tahanan militer AS pada saat dia memutuskan untuk melarikan diri, dan tampaknya dia membuat keputusan yang mengejutkan untuk bergabung dalam tur sipil ke zona demiliterisasi.

Tidak jelas berapa lama pihak berwenang Korut akan menahan prajurit itu, tetapi para analis mengatakan insiden itu bisa menjadi propaganda berharga bagi negara yang terisolasi itu.

AS melarang warganya memasuki Korut - negara totaliter terkenal yang dijalankan oleh Kim Jong-un di mana jutaan orang hidup dalam kelaparan dan kemiskinan.

“Secara historis, Korea Utara menahan orang-orang ini selama berminggu-minggu, jika tidak berbulan-bulan, untuk tujuan propaganda, terutama jika ini adalah tentara AS, sebelum pengakuan dan permintaan maaf yang dipaksakan,” kata Victor Cha, mantan pejabat AS dan pakar Korea di Center for Studi Strategis dan Internasional.

"Kadang-kadang juga diperlukan seorang pejabat atau mantan pejabat Amerika untuk pergi ke sana untuk mendapatkan pembebasan," tambahnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)