Israel Berusaha Rebut Kembali Harta Nasional dari Resor Trump

Rabu, 19 Juli 2023 - 11:45 WIB
loading...
Israel Berusaha Rebut Kembali Harta Nasional dari Resor Trump
Artefak Israel dibawa ke AS saat upacara penyalaan lilin Hanukkah di Gedung Putih pada tahun 2019. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Pemerintah Israel sedang bekerja memulihkan beberapa peninggalan kuno yang dipinjamkan ke Gedung Putih pada tahun 2019 dan kemudian disimpan di resor Mar-a-Lago milik mantan Presiden Donald Trump.

Haaretz mengklaim beberapa upaya untuk mengambil artefak telah gagal.

Otoritas Kepurbakalaan Israel mengirim barang-barang tersebut ke Amerika Serikat untuk upacara penyalaan lilin Hanukkah di Gedung Putih pada tahun 2019.

Pengiriman itu memungkinkan barang-barang tersebut untuk dipajang di acara tersebut dengan syarat akan dikembalikan dalam hitungan pekan.

Namun, hampir empat tahun kemudian, relik tersebut masih belum dikembalikan, menurut berbagai sumber yang dikutip outlet tersebut pada Selasa (18/7/2023).

Barang antik termasuk lampu minyak keramik kuno yang diambil dari koleksi Harta Karun Nasional Israel.



Meskipun mereka tidak pernah dipamerkan di Gedung Putih karena kekhawatiran AS bahwa mereka mungkin telah diambil dari Tepi Barat yang diduduki, lampu itu akhirnya mendarat di resor Trump's Palm Beach, Florida, di mana mereka telah disimpan selama beberapa bulan.

Israel Hasson, yang menjabat sebagai direktur Otoritas Purbakala pada 2019, mengatakan kepada Haaretz bahwa para pejabat khawatir barang antik tersebut dapat rusak jika dikembalikan melalui perusahaan pelayaran normal.

“Kami ingin orang kami pergi dan membawanya kembali, tetapi kemudian Covid merebak, dan semuanya macet,” ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)