26 Partai Oposisi India Bersatu Melawan PM Modi

Rabu, 19 Juli 2023 - 04:31 WIB
loading...
26 Partai Oposisi India Bersatu Melawan PM Modi
Perdana Menteri Narendra Modi memiliki politik identitas yang kuat sehingga oposisi harus bersatu. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Sebanyak 26 partai oposisi India membentuk aliansi yang disebut "INDIA" untuk menantang Partai Bharatiya Janata (BJP) pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi dalam pemilihan parlemen tahun depan.

Aliansi tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa BJP menyerang karakter republik dan mereka berjanji untuk "menjaga gagasan India sebagaimana diabadikan dalam Konstitusi".

Dalam indikasi pertama dari kebijakan politik dan ekonomi bersama, aliansi tersebut mengatakan akan fokus pada memerangi kenaikan harga dan pengangguran.

Penamaan aliansi INDIA dipandang sebagai upaya untuk menantang platform nasionalis BJP dalam pemilihan yang dijadwalkan pada Mei 2024.

Modi dan BJP mengkritik anggota aliansi sebagai oportunis dan korup yang mencemarkan nama baik India secara global tetapi sekarang berusaha menyelamatkan keberadaan mereka dan keluarga mereka.

Mallikarjun Kharge, presiden partai oposisi utama Kongres, mengatakan INDIA adalah singkatan dari "Aliansi Inklusif Pembangunan Nasional India".

"Tujuan utamanya adalah berdiri bersama untuk menjaga demokrasi dan konstitusi," kata Kharge, dilansir Reuters. Itu menandai pertemuan akhir selama dua hari 26 partai oposisi di Bengaluru.

Pertemuan itu adalah yang kedua dalam sebulan untuk membangun platform menjelang pemilihan, yang tetap menjadi favorit BJP untuk dimenangkan.



Partai-partai tersebut, banyak di antaranya adalah saingan regional dan telah terpecah di tingkat nasional, jumlahnya kurang dari setengah dari 301 kursi yang dimiliki BJP di majelis rendah parlemen yang beranggotakan 542 orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)