250 Rudal Hawk Bakal Dikirim ke Ukraina, Taiwan Jadi Target Balas Dendam Rusia?

Selasa, 18 Juli 2023 - 09:08 WIB
loading...
A A A
Rencana yang dilaporkan untuk mengirim rudal Hawk ke Ukraina untuk membantu mencegah serangan dari Moskow telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Taiwan mungkin akan menjadi sasaran Rusia.

“Rudal Hawk mampu menghantam pesawat tempur di ketinggian hingga 20 km (12,4 mil) dan jika mereka menyerang sesuatu yang dipedulikan Rusia, Taiwan bisa menjadi salah satu target balas dendamnya,” kata komentator politik dan mantan anggota Parlemen Julian Guo, seperti dikutip South China Morning Post, Selasa (18/7/2023).

Dia mengatakan AS telah membeli senjata konvensional yang lebih tua dan ketinggalan zaman dari sekutu lain, dan tidak mengherankan melihat penawaran serupa dibuat ke Taiwan.

Wang Hung-wei, seorang anggota Parlemen dari partai oposisi utama; Kuomintang, mengatakan bahwa karena AS adalah sekutu tidak resmi terbesar Taiwan, kecil kemungkinan Taiwan akan dapat mengatakan tidak jika Washington meminta untuk membeli kembali rudal tersebut.

“Untuk mencegah kami menjadi target, kami harus memastikan bahwa senjata yang dibeli kembali disediakan oleh Amerika Serikat ke Ukraina, bukan Taiwan, dan itu tidak boleh dianggap sebagai bantuan militer kami ke Ukraina,” katanya.

Chang Yen-ting, pensiunan Letnan Jenderal Angkatan Udara, mengatakan bahwa meskipun rudal telah beroperasi di Taiwan selama 63 tahun, mereka masih memiliki tingkat akurasi target 90,4 persen, yang akan menjadi dorongan efektif untuk perlawanan Ukraina terhadap pasukan Rusia.

“Karena rudal tidak hanya dirawat dengan baik tetapi juga tetap dalam kondisi baik, AS dapat dengan cepat mengirimkannya ke Ukraina tanpa perlu menghabiskan waktu untuk merombaknya,” kata Chang.

Chang mengatakan bahwa karena Taiwan telah menghentikan misil Hawk, AS dapat membelinya kembali dengan biaya yang sangat rendah. "Sementara pulau ini tidak perlu menghabiskan waktu dan uang untuk membuang senjata dengan benar," katanya.

Menurut laporan legislatif April dari Kementerian Pertahanan Taiwan, militer awalnya berencana menyiapkan anggaran agar National Chung-Shan Institute of Science and Technology menghancurkan sekitar 250 rudal Hawk pada akhir tahun ini.

Dirancang untuk menangkal ancaman yang ditimbulkan oleh pesawat canggih buatan Soviet tahun 1950-an, rudal Hawk pertama mulai beroperasi pada tahun 1959.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)