10 Negara Paling Ateis di Dunia, Mayoritas di Eropa

Selasa, 18 Juli 2023 - 02:30 WIB
loading...
10 Negara Paling Ateis di Dunia, Mayoritas di Eropa
Ilustrasi tentang orang ateis. Foto/e360m
A A A
JAKARTA - Banyak penduduk di suatu negara yang mengklaim bahwa mereka ateis dan tidak percaya dengan Tuhan dan agama. Umumnya, itu dikarenakan karena mereka mengandalkan logika dan berbasis pada sains.

Melansir Monkey Insider, menariknya, pertumbuhan ateisme di negara mana pun kini dikaitkan dengan kemajuan ekonomi. Salah satu studi tersebut berasal dari University of Bristol, di mana para peneliti mempelajari tren sekularisasi selama 100 tahun dan menetapkan bahwa pertumbuhan sekularisme terjadi sebelum pembangunan ekonomi. Menurut temuan studi ini, sekularisasi menyumbang 40% dari pembangunan ekonomi global pada 1990-an, hanya menyumbang 4% pada 1910-an.

Penelitian dari Mississippi State University dan West Virginia University juga melihat hubungan antara ateisme dan agnostisisme dengan aktivitas kewirausahaan. Mereka menggunakan data afiliasi keagamaan penduduk beberapa negara bagian Amerika dan metrik yang disebut 'kewirausahaan produktif'.

Berikut adalah 10 negara paling ateis.

10. Uruguay

Populasi yang Tidak Berafiliasi dengan Agama: 41,5%

Republik Uruguay adalah negara Amerika Selatan yang merupakan salah satu negara paling damai di kawasan ini.

9. Belanda

Populasi yang Tidak Berafiliasi dengan Agama: 44,3%

Belanda adalah negara Eropa yang maju. Orang-orang yang tidak beragama diproyeksikan akan menyusul orang Kristen untuk mencapai 46% dari populasi Belanda pada tahun 2030, tetapi Statistik Belanda menunjukkan bahwa 58% sudah tidak beragama pada tahun 2021.

8.Republik Latvia

Populasi yang Tidak Berafiliasi dengan Agama: 45,3%

Republik Latvia adalah negara Eropa Baltik yang merupakan salah satu daratan terkecil di dunia.

7.Republik Korea

Populasi yang Tidak Berafiliasi dengan Agama: 46,6%

Republik Korea adalah negara Asia Timur dengan PDB $2,7 triliun.

6. China

Populasi yang Tidak Berafiliasi dengan Agama: 51,8%

Republik Rakyat Tiongkok adalah ekonomi terbesar di dunia dalam hal paritas daya beli. Orang-orang yang tidak beragama merupakan bagian terbesar dari populasinya.

5. Hong Kong

Populasi yang Tidak Berafiliasi dengan Agama: 54,7%

Hong Kong adalah salah satu wilayah otonomnya China. Mereka memiliki kebijakan imigrasi terpisah dari China dan badan legislatifnya sendiri.

Hong Kong juga merupakan salah satu kawasan paling makmur di dunia, dengan PDB USD544 miliar dan pendapatan per kapita USD74.598. Sebagian besar penduduknya tidak beragama, tetapi sebagian besar juga percaya pada agama Buddha atau agama rakyat.

4. Jepang

Populasi yang Tidak Berafiliasi Secara Agama: 60%
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)