Ratusan Tentara Bayaran Wagner Dikerahkan ke Republik Afrika Tengah, Ada Apa?

Senin, 17 Juli 2023 - 11:38 WIB
loading...
Ratusan Tentara Bayaran Wagner Dikerahkan ke Republik Afrika Tengah, Ada Apa?
Tentara bayaran dari Wagner Group saat lakukan kudeta singkat di Rusia akhir Juni lalu. Kelompok ini sekarang mengerahkan personelnya ke Republik Afrika Tengah. Foto/REUTERS
A A A
BANGUI - Ratusan tentara bayaran berpengalaman dari Wagner Group telah dikerahkan di Republik Afrika Tengah (CAR).

Perusahaan militer swasta yang berbasis di Rusia itu mengeklaim pengerahan ratusan personel mereka ke negara Afrika untuk misi mengamankan referendum pada 30 Juli.

CAR telah menjadi negara yang bermasalah. Negara ini telah mengandalkan tentara bayaran Wagner Group untuk melawan kelompok pemberontak.

Negara tersebut akan memilih perubahan konstitusi yang memungkinkan Presiden Faustin Archange Touadera untuk berkuasa untuk periode ketiga.



“Pesawat lain telah tiba di Bangui dengan instruktur untuk bekerja di Republik Afrika Tengah,” kata Persatuan Petugas untuk Keamanan Internasional (Ouis) di Telegram, seperti dikutip AFP, Senin (17/7/2023).

“Rencana rotasi terus berlanjut. Beberapa ratus profesional berpengalaman dari perusahaan Wagner bergabung dengan tim yang bekerja di CAR,” lanjut pernyataan Ouis.

“Instruktur Rusia akan terus membantu tentara di Angkatan Bersenjata Afrika Tengah untuk memastikan keamanan dalam mengantisipasi referendum konstitusional yang dijadwalkan pada 30 Juli.”

Menurut Amerika Serikat, Ouis adalah perusahaan terdepan untuk Wagner Group di CAR. Ouis dijalankan oleh Alexandre Ivanov asal Rusia, yang ditempatkan di bawah sanksi Amerika pada bulan Januari.

Dalam pernyataannya, Ouis mengatakan instrukturnya telah melatih pasukan keamanan CAR selama lebih dari lima tahun, memungkinkan peningkatan keamanan umum negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)