Lagi, Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat dan Usir Pesawat Mata-mata AS

Selasa, 28 Juli 2020 - 07:56 WIB
loading...
Lagi, Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat dan Usir Pesawat Mata-mata AS
Pesawat mata-mata dan anti-kapal selama P-8A Poseidon Amerika Serikat. Foto/Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia/TASS
A A A
MOSKOW - Sebuah jet tempur Su-27 Rusia mencegat dan mengusir sebuah pesawat mata-mata P-8A Poseidon Amerika Serikat (AS) di atas Laut Hitam pada hari Senin.

Pesawat anti-kapal selam Amerika itu dicegat karena mendekati perbatasan Rusia. Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Kementerian Pertahanan Rusia telah mengonfirmasi aksi intersepsi tersebut.

"Pada 27 Juli 2020, kontrol wilayah udara Rusia melihat target udara mendekati perbatasan negara Rusia di atas perairan netral Laut Hitam. Sebuah jet tempur Su-27 dari pasukan pertahanan udara Distrik Militer Selatan bergegas untuk mencegat target," kata pusat manajemen tersebut, seperti dikutip dari kantor berita TASS, Selasa (28/7/2020). (Baca: Jet-jet Tempur Rusia Cegat Bomber Nuklir AS di Atas Laut Hitam )

Menurut pusat manajemen itu, jet tempur Moskow kembali ke pangkalannya setelah pesawat AS putar balik menjauhi perbatasan Rusia.

"Penerbangan pesawat Su-27 dilakukan dengan kepatuhan ketat pada aturan internasional penggunaan wilayah udara. Perbatasan Rusia tidak dilanggar," imbuh pusat manajemen tersebut.

Intersepsi kemarin bukannya insiden pertama selama seminggu terakhir. Pada 24 Juli, jet tempur Su-27 Rusia mengawal sebuah pesawat P-8A Poseidon AS di atas perairan netral Laut Hitam. Sehari sebelumnya, pusat manajemen melaporkan insiden serupa juga di Laut Hitam.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)