PM Hongaria: Jika Mau, AS Bisa Hentikan Perang Ukraina dalam Waktu Singkat

Jum'at, 14 Juli 2023 - 17:14 WIB
loading...
PM Hongaria: Jika Mau, AS Bisa Hentikan Perang Ukraina dalam Waktu Singkat
Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban sebut Amerika Serikat, jika ingin, bisa menghentikan perang di Ukraina dalam waktu singkat. Foto/REUTERS
A A A
BUDAPEST - Perdana Menteri (PM) Hongaria Viktor Orban mengatakan Amerika Serikat (AS) ingin perang di Ukraina berlanjut dan gagal menjelaskan alasannya kepada sekutu NATO.

Menurutnya, jika mau, Washington sebenarnya bisa menghentikan pertempuran tersebut dalam waktu singkat karena Kyiv sepenuhnya bergantung pada Barat dalam perang melawan Rusia.

Pemimpin Hongaria itu diwawancarai oleh Kossuth Radio pada Jumat (14/7/2023) pagi setelah kembali dari KTT NATO di Ibu Kota Lituania, Vilnius.



Selama KTT, blok militer pimpinan AS menolak untuk memperpanjang peta jalan keanggotaan ke Kyiv.

Hongaria menonjol di antara anggota aliansi dengan secara konsisten mengkritik kebijakan Barat tentang krisis Ukraina.

“Jika Amerika menginginkannya, perdamaian akan datang keesokan paginya. Mengapa orang Amerika tidak menginginkannya adalah pertanyaan yang membingungkan seluruh dunia,” kata Orban.

“Kami tidak mendapat jawaban di KTT NATO," katanya lagi.

"Pada titik ini, Ukraina telah kehilangan kedaulatan nyata," kata Orban, merujuk pada ekonomi Kyiv yang hancur dan ketergantungan yang tinggi pada sekutu Barat untuk pendanaan dan persenjataan.

Membenarkan dukungannya untuk Ukraina, Washington menuduh Rusia meluncurkan "perang agresi tanpa alasan" terhadap Kyiv.

Para pejabat AS mengatakan bahwa menimbulkan "kekalahan strategis" di Moskow adalah tujuan utama.

Moskow, pada gilirannya, menuduh AS memicu krisis dengan mengabaikan kekhawatiran jangka panjang Rusia atas ekspansi NATO di Eropa, sambil mendorong rezim di Kyiv yang memusuhi Moskow.

Kremlin menganggap konflik tersebut sebagai bagian dari perang proksi yang dipimpin AS melawan Rusia.

Orban selanjutnya memperingatkan bahwa jika NATO mengakui Ukraina sebagai anggota baru sekarang, itu akan memicu perang dunia. Dia juga menyoroti risiko yang ditimbulkan oleh negara-negara Barat yang mengirimkan perangkat keras militer yang semakin canggih ke Kyiv.

Pemimpin Hongaria itu juga menuduh Kyiv menggunakan pemerasan moral untuk menerima dukungan Barat, tetapi menambahkan bahwa dia tidak menyalahkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertindak seperti itu. "Karena dia berjuang untuk kelangsungan hidup rakyatnya," ujarnya.

Orban memperkirakan bahwa perang di Ukraina akan berlarut-larut, dan negara-negara Uni Eropa, termasuk Hongaria, akan menanggung biaya ekonomi, termasuk inflasi yang tinggi.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)