AS-China Memanas, Jokowi: ASEAN Tak Bisa Jadi Proksi Negara Mana Pun!

Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:43 WIB
loading...
A A A
ASEAN telah terpecah atas krisis Myanmar dan bagaimana terlibat dengan junta pro-China sejak kudeta 2021 menjerumuskan negara itu ke dalam kekacauan hebat.

Blok ASEAN telah mengeluarkan komunike yang banyak diperdebatkan kemarin yang mengulangi kecamannya atas kekerasan di Myanmar.

Ditegaskan kembali bahwa rencana perdamaian lima poin yang disepakati dengan junta, tetapi sebagian besar diabaikan sejak itu, harus tetap menjadi dasar untuk menyelesaikan konflik di negara tersebut.

Myanmar tetap menjadi anggota ASEAN tetapi para penguasanya telah dilarang menghadiri pertemuan puncak tingkat atas karena kurangnya kemajuan dalam rencana perdamaian tersebut, yang bertujuan untuk mengakhiri kekerasan dan melanjutkan pembicaraan antara militer dan gerakan anti-kudeta.

“Indo-Pasifik seharusnya tidak menjadi medan pertempuran lainnya. Kawasan kami harus tetap stabil, dan kami bermaksud untuk mempertahankannya,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi kepada para Menlu lainnya di awal pertemuan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)