10 Negara dengan Arsitektur Terbaik di Dunia, Nomor 3 Berkonsep Futuristis

Kamis, 13 Juli 2023 - 06:51 WIB
loading...
10 Negara dengan Arsitektur Terbaik di Dunia, Nomor 3 Berkonsep Futuristis
Unin Emirat Arab memiliki banyak gedung berarsitektur dengan konsep futuristis. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Negara dapat dibentuk oleh banyak faktor. Mulai dari makanan, budaya, lingkungan, dan lain-lain. Namun, arsitekturlah yang mendefinisikan tempat dengan cara yang paling berbeda.

Apa yang membedakan arsitektur dari konstruksi adalah seni dan desain yang terlibat dalam membangun sesuatu yang tidak hanya memenuhi persyaratan praktis, tetapi juga memenuhi tujuan ekspresif dan estetika.

Melansir Monkey Insider, pasar layanan arsitektur global diperkirakan bernilai USD376 miliar pada tahun 2023, yang diperkirakan akan tumbuh lebih lanjut sebesar 4,8% per tahun hingga mencapai USD523 miliar pada tahun 2030. Proyeksi ini dibuat oleh Research and Markets dalam salah satu publikasi terbaru mereka.

Sebagian besar permintaan ini didorong oleh tingginya tingkat urbanisasi di negara-negara seperti Brasil, India, dan Korea Selatan, karena meningkatnya kebutuhan akan rumah pintar.

Di sisi lain, kita telah menyaksikan beberapa keajaiban arsitektur yang mencengangkan di abad ke-21, menambah kekayaan arsitektur yang masih ada sejak zaman dulu, dan masih terpelihara dengan baik. Burj Khalifa di Dubai, gedung tertinggi di dunia, dan Museum

Masa Depan, adalah beberapa karya arsitektur modern terbaik di abad ke-21, sedangkan Colosseum, amfiteater terbesar di dunia yang dibangun antara tahun 70 dan 72 M, masih menarik lebih dari 6 juta wisatawan setiap tahun.

Berikut adalah 10 negara dengan arsitektur terbaik di dunia.

10. Rusia

10 Negara dengan Arsitektur Terbaik di Dunia, Nomor 3 Berkonsep Futuristis

Foto/Reuters

Skor: 3

Arsitektur Rusia dikenal terkait dengan kebangkitan Bizantium, Moskow, dan gaya neoklasik, dengan beberapa pengaruh era Uni Soviet juga. Salah satu landmark paling menakjubkan di negara ini adalah Catherine Palace di St. Petersburg, yang mendapat inspirasi dari gerakan Rocco di Italia selama abad ke-18, dengan warna biru muda dan pucat – menandakan tema sekuler yang ceria.

9. Turki

10 Negara dengan Arsitektur Terbaik di Dunia, Nomor 3 Berkonsep Futuristis

Foto/Reuters

Skor: 4

Terletak di antara Asia dan Eropa, Turki berstatus sebagai tempat peleburan budaya. Perpaduan budaya ini telah memungkinkan negara ini memiliki latar yang megah dalam hal arsitektur.

Secara historis, arsitekturnya sangat dipengaruhi oleh dinasti Suljuk dan Ottoman, dengan masjid dan makam menjadi landmark kota-kota Turki yang masih tersisa. Namun, telah terjadi pergeseran ke arah modern, arsitektur nasionalis sejak negara tersebut menjadi republik pada tahun 1923.

8. Brasil

Skor: 4

Arsitektur Brasil memadukan pengaruh pribumi pra-Columbus dan gaya barok yang dibawa oleh penjajah Portugis. Namun, gaya modern mulai muncul, dimulai dengan pemerintah membangun ibu kota baru, Brasilia, di daerah yang tandus.

Saat ini, gedung-gedung yang dibangun dengan beton dan kaca menghiasi cakrawala. Keajaiban arsitektur futuris yang menonjol meliputi kediaman Presiden, dan kantor Jaksa Agung.

7. India

Skor: 4

India memiliki beragam sejarah dan budaya yang tercermin dalam arsitekturnya. Arsitekturnya sangat dipengaruhi oleh Mughal, Rajput, dan variasi Indo-Saracenic. Taj Mahal di Agra, yang merupakan simbol cinta dan Situs Warisan Dunia UNESCO, setiap tahun dikunjungi oleh antara 7-8 juta wisatawan.

Chandigarh, di Punjab, adalah wilayah lain di India yang menggairahkan para penggemar arsitektur modern. Pemerintah India, setelah kemerdekaan pada tahun 1947, menugaskan Le Corbusier, seorang modernis Swiss, untuk merancang kota yang progresif dan modern. Ini adalah kota terencana pertama di India.

6. China

Skor: 4

China adalah salah satu negara teratas dalam arsitektur. Ini adalah rumah bagi salah satu landmark terbesar di dunia, Tembok Besar China. Karya arsitektur terkemuka lainnya di negara ini termasuk Kuil Surga dan Lapangan Tiananmen di Beijing China juga dikenal dengan istana dan kuilnya yang berfokus pada simetri bilateral, ruang terbuka, dan mitologi.

5. Yunani

Skor: 5

Yunani adalah negara terbaik kelima di dunia untuk arsitektur. Kota Athena adalah rumah bagi beberapa reruntuhan paling terkenal di dunia, yang berasal dari tahun 400 SM. Keajaiban arsitektur terkenal di Yunani termasuk Parthenon, dan kuil Zeus dan Hephaestus.

Kunjungan ke Yunani adalah merasakan seperti apa kehidupan di zaman kuno. Inilah alasan mengapa tetap menjadi tujuan wisata yang populer, terutama bagi mereka yang terpesona dengan arsitektur abad pertengahan.

4. Spanyol

Skor: 5

Islam, Kristen, Renaisans, dan pengaruh asing lainnya telah membentuk landmark arsitektur Spanyol yang beragam. Itu adalah negara kedua yang mengembangkan arsitektur Romawi.

Budaya gotik berkembang pesat di Spanyol selama abad ke-13 dan cita rasa arsitekturalnya ditemukan di seluruh negeri. La Sagrada Familia, Museum Guggenheim, Plaza de Espana, dan Katedral Salib Suci dan Saint Eulalia adalah beberapa karya arsitektur paling terkenal di Spanyol.

3. Uni Emirat Arab

10 Negara dengan Arsitektur Terbaik di Dunia, Nomor 3 Berkonsep Futuristis

Foto/Reuters

Skor: 5

Uni Emirat Arab adalah karya arsitektur modern yang menakjubkan. Dubai, khususnya, telah berubah dari tanah gurun tandus menjadi pusat bisnis internasional utama yang menampung gedung pencakar langit, termasuk Burj Khalifa, yang merupakan gedung tertinggi di dunia.

Museum Masa Depan yang baru dirancang dalam bentuk torus adalah karya arsitektur luar biasa yang berfokus pada masa depan yang tidak diketahui.

2. Italia

Skor: 6

Italia berada di urutan kedua dalam daftar negara dengan arsitektur terbaik kami. Italia adalah tanah air Palladianisme, yang mengilhami arsitektur neoklasik. Roma Kuno dikreditkan dengan pengembangan lengkungan dan kubah, yang dianggap sebagai pencapaian signifikan dalam arsitektur dan konstruksi.

Roma dan Florence menarik wisatawan dari seluruh dunia dan memamerkan arsitektur dan budaya mereka. Beberapa landmark utama Italia adalah Colosseum, Katedral Florence, Menara Miring Pisa, dan Duomo Milan.

1. Amerika Serikat

10 Negara dengan Arsitektur Terbaik di Dunia, Nomor 3 Berkonsep Futuristis

Foto/Reuters

Skor: 14

Amerika Serikat adalah negara arsitektur terbaik di dunia. AS memiliki jumlah kota terbanyak yang dicakup. Miami Beach populer karena memiliki koleksi arsitektur Art Deco terbesar. Columbus di Indiana, yang menempati urutan keenam di negara itu dalam hal inovasi dan desain arsitektur, adalah rumah bagi setidaknya 70 bangunan yang dirancang oleh arsitek modern pada 1950-an dan 1960-an.

Gedung Empire State, Gateway Arch, Museum Seni Denver, Bendungan Hoover, dan Monumen Washington adalah beberapa landmark arsitektur Amerika Serikat.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)