Mengenal Bom Tandan, Senjata Terlarang yang Ingin Dikirim AS ke Ukraina

Jum'at, 07 Juli 2023 - 20:05 WIB
loading...
Mengenal Bom Tandan, Senjata Terlarang yang Ingin Dikirim AS ke Ukraina
AS dilaporkan akan mengirimkan senjata terlarang bom tandan ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan mengumumkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina yang akan mencakup bom cluster atau munisi tandan untuk pertama kalinya.

Hal ini menyita perhatian karena bom cluster adalah senjata terlarang. Lebih dari 120 negara telah menandatangani Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Munisi Tanda 2008 untuk melarang penggunaannya termasuk beberapa negara Ukraina dan sekutu utama AS seperti Prancis serta Inggris.

Ukraina, Rusia, dan AS belum menandatangani perjanjian itu meskipun undang-undang tahun 2009 melarang AS mengekspor munisi tandan dengan tingkat kegagalan bom di atas 1 persen, yang mencakup hampir seluruh persediaan militer AS.

Lalu apa itu bom cluster atau munisi tandan dan mengapa mereka dilarang? Berikut penjelasannya seperti disitir dari CNN, Jumat (7/7/2023).

Apa itu munisi tandan atau bom cluster?


Munisi tandan, juga disebut bom cluster, adalah tabung yang membawa puluhan hingga ratusan bom kecil, juga dikenal sebagai submunisi. Tabung dapat dijatuhkan dari pesawat terbang, diluncurkan dari rudal atau ditembakkan dari artileri, senjata angkatan laut atau peluncur roket.

Tabung itu kemudian pecah pada ketinggian yang telah ditentukan, tergantung pada area target yang dituju, dan bom-bom kecil di dalamnya tersebar di area itu. Mereka disatukan oleh pengatur waktu untuk meledak lebih dekat ke atau di tanah, menyebarkan pecahan peluru yang dirancang untuk membunuh pasukan atau menghancurkan kendaraan lapis baja seperti tank.

Jenis bom cluster apa yang AS akan berikan ke Ukraina?


AS memiliki persediaan munisi tandan yang dikenal sebagai DPICM, atau munisi konvensional yang ditingkatkan dengan tujuan ganda, yang tidak lagi digunakan setelah dihentikan secara bertahap pada tahun 2016.

Menurut sebuah artikel di situs web eArmor Angkatan Darat AS, DPICM yang akan diberikan Washington kepada Kiev ditembakkan dari howitzer 155mm, dengan masing-masing tabung membawa 88 bom. Setiap bom memiliki jangkauan yang mematikan sekitar 10 meter persegi, sehingga satu tabung dapat menutupi area hingga 30.000 meter persegi (sekitar 7,5 hektar), tergantung pada ketinggian yang dilepaskan oleh bom tersebut.

"Bom-bom di DPICM memiliki muatan berbentuk yang, ketika menyerang tank atau kendaraan lapis baja, menciptakan jet logam yang melubangi lapis baja logam," kata artikel itu.

Artikel itu menambahkan bahwa dibutuhkan 10 atau lebih bom untuk menghancurkan kendaraan lapis baja, tetapi itu hanya perlu satu untuk menonaktifkan senjata kendaraan lapis baja atau membuatnya tidak bisa bergerak.

Apakah bom cluster pernah digunakan dalam perang di Ukraina sebelumnya?


Ya, baik Ukraina maupun Rusia telah menggunakan bom tandan sejak pasukan Moskow menginvasi pada Februari 2022. Baru-baru ini, pasukan Ukraina telah mulai menggunakan munisi tandan yang disediakan Turki di medan perang.

Tetapi para pejabat Ukraina telah mendorong AS untuk menyediakan munisi tandannya sejak tahun lalu, dengan alasan bahwa mereka akan memberikan lebih banyak amunisi untuk sistem artileri dan roket yang disediakan Barat, dan membantu mempersempit keunggulan numerik Rusia dalam artileri.

Mengapa munisi tandan kontroversial daripada bom lainnya?


Saat bom jatuh di area yang luas, mereka dapat membahayakan non-kombatan.

Selain itu, menurut Komite Palang Merah Internasional, antara 10% hingga 40% amunisi itu gagal meledak. Amunisi yang tidak meledak inilah yang berbahaya karena kemudian dapat meledak akibat aktivitas sipil bertahun-tahun atau bahkan beberapa dekade kemudian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0935 seconds (0.1#10.140)